Sering Keliru, Kenali 10 Kebutuhan Emosional Dasar Pasanganmu

By February 20, 2020 0
ilustrasi ilustrasi pexels.com

Muslimahdaily - Ketika menjalin sebuah hubungan dengan seseorang nyatanya kita tak akan selalu bertemu dengan kebahagiaan. Pasti akan ada perdebatan, kesalahpahaman dan masalah lain yang menimbulkan pertengkaran.

Dalam pernikahan, seringkali masalah muncul karena adanya perbedaan pendapat, merasa jauh dan kesepian, kurangnya komunikasi masalah seksual, merasa tidak pernah didengar atau mungkin merasa tidak dicintai dan dihargai oleh pasangan.

Menurut Dianne Grande, Ph.D, seorang psikolog klinis, ketika keluhan itu terjadi sebenarnya semua berhubungan dengan kebutuhan emosional dasar seseorang yang tidak dapat terpenuhi dalam hubungan.

Seorang psikolog, Willard Harley mengatakan bahwa kebutuhan emosional adalah sebuah keinginan yang jika terpenuhi maka akan membuatmu merasa bahagia dan puas, namun ketika tidak terpenuhi maka akan membuat tidak bahagia bahkan frustasi.

Seringkali pasangan merasa sudah bisa membahagiakan dan memuaskan satu sama lain, namun nyatanya mungkin mereka keliru, ada
beberapa hal yang terlewati.

Oleh karena itu, agar tak keliru, berikut 10 kebutuhan emosional dasar pasangan yang perlu kamu ketahui menurut Harley setelah mewawancarai banyak pasangan, dilansir dari Psychology Today:

1. Kekaguman atau penghargaan

Kebutuhan untuk menerima pujian, komentar positif dari pasangan, apresiasi atas pencapaian yang dilakukan pasangan baik di rumah ataupun di tempat kerja.

2. Kasih sayang

Setiap orang memiliki kebutuhan akan kasih sayang, tentunya pengungkapannya akan berbeda, tergantung kenyamanan masing-masing. Diantara adalah kebutuhan akan pelukan, pesan cinta, ucapan dalam bentuk teks, senyum penuh kasih atau sekedar berpegangan tangan.

3. Melakukan aktifitas dan rekreasi bersama

Berpartisipasi bersama dalam olahraga atau hobi yang membutuhkan lebih dari satu orang, seperti tenis, bola basket, atau permainan kartu. Kebutuhan untuk rekreasi bersama juga penting untuk dipenuhi.

4. Dukungan rumah tangga

Mendapatkan bantuan untuk memasak makanan, mencuci piring, mencuci pakaian, membersihkan rumah, perawatan anak, perawatan hewan peliharaan dan pekerjaan rumah lainnya.

5. Komitmen keluarga

Melakukan quality time bersama anak-anak, mengajarkan nilai-nilai pengajaran dan memberikan contoh dan berbagi tanggung jawab untuk kebutuhan anak.

6. Dukungan keuangan

Memiliki pasangan yang bisa memberikan penghasilan, memiliki standar hidup tertentu, kebutuhan akan jaminan kehidupan yang pasti dari segi keuangan.

7. Kejujuran atau keterbukaan

Kesediaan untuk mengungkapkan cerita masa lalu dan sekarang, serta harapan dan rencana untuk masa depan.

8. Percakapan yang mendalam

Lakukan diskusi mengenai suatu hal atau tentang topik-topik yang menjadi minat bersama. Ketersediaan untuk mendengar satu sama lain, memberi dan menerima perhatian.

9. Daya tarik fisik

Tak dipungkiri pasangan pasti membutuhkan daya tarik fisik, mulai dari berat badan, gaya pakaian, model rambut, kebersihan dan hal lainnya.

10. Pemenuhan hasrat seksual

Hal ini adalah menjadi kebutuhan biologis setiap orang yang sudah menikah. Maka keduanya harus bisa memenuhi kebutuhan akan hasrat seksual.

Sepuluh poin tersebut adalah beberapa kebutuhan yang harus terpenuhi di dalam hubungan pernikahan, jika ada salah satu yang tidak terpenuhi maka tidak akan tercapai kepuasan dan kebahagiaan.

Untuk itu, dibutuhkan peran dari suami dan istri dalam memenuhi kebutuhan dasar emosional tersebut. Tak ada urutan tertentu dalam poin
yang disebutkan, karena pada dasarnya semua tergantung pada situasi dan kondisi hubungan.

Semoga bermanfaat.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama