Sering Bertengkar dengan Pasangan? Coba 4 Tips Ini

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto: Today )

Muslimahdaily - Secocok apapun seseorang dengan pasangannya pasti akan ada saja hal yang memicu timbulnya konflik. Perbedaan pendapat itu bisa muncul dari hal kecil yang terjadi sehari-hari hingga konflik yang besar. Tak jarang hal ini membuat hubungan dengan pasangan menjadi renggang.

Bertengkar dengan pasangan adalah hal yang wajar, namun hal ini akan berbahaya jika kamu dan pasangan tidak berupaya untuk memperbaikinya. Lakukan 4 cara ini agar kamu dan pasanganmu bisa saling memahami ketika beradu argumen, dikutip dari channel Satu Persen:

Stay Calm

Sebelum memulai diskusi dengan pasangan ada baiknya untuk menahan ego dan tetap tenang. Perhatikan intonasi suara, jangan menggunakan intonasi tinggi saat berbicara. Ketika emosi mulai muncul, ingat saja bahwa kamu sedang berbicara dengan orang yang kamu cintai. Kamu tidak tega jika harus menyakiti hatinya. Ada baiknya kamu meminta waktu untuk menenangkan diri terlebih dahulu sebelum berbicara. Ambil jeda dan ketika sudah mulai tenang baru selesaikan masalahmu.

Mulailah dengan Menceritakan Persepsi Personal

Hal penting yang harus kamu ingat adalah semua komplain yang kamu sampaikan ke pasangan itu adalah kesalahan dia berdasarkan persepsimu. Persepsi bisa benar bisa juga salah. Ketika ingin menyampaikan komplain kepada pasangan, katakan apa yang kamu rasakan. Jangan menuduh. Ketika kamu menuduh maka pasangan akan mencari cara untuk membela diri bukan menjelaskan.

Coba katakan, “Aku merasa kamu tidak punya banyak waktu untuk hubungan kita”.

Jangan katakan, “Kamu tidak punya waktu untuk hubungan kita”.

Own your Own Stuff

Beradu pendapat harus memiliki tujuan untuk menyelesaikan masalah. Karena tujuannya untuk menyelesaikan masalah maka kamu harus tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan. Sebelum berargumen dengan pasangan, pastikan kamu benar-benar tahu apa yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu hanya marah-marah tanpa maksud yang jelas. Sampaikan apa yang kamu mau, dan bertanggung jawablah atas apa yang kamu inginkan.

One Problem At A Time

Jangan pernah mencoba untuk menyelesaikan banyak masalah di waktu yang bersamaan. Menyelesaikan masalah di waktu yang bersamaan hanya akan membuat hasil yang tidak optimal. Prioritaskan satu masalah yang akan jadi fokusmu. Lalu selesaikan dengan bijak bersama pasangan. Jangan melebar kemana-mana. Karena hal itu tidak akan menyelesaikan masalah.

Last modified on Jumat, 06 Maret 2020 16:28