Waspada, Ini 5 Tanda Hilangnya Cinta dalam Rumah Tangga

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Cinta dan Kasih sayang telah ditumbuhkan oleh Allah setelah dua insan menunaikan ikatan suci pernikahan. Perasaan cinta suami istri adalah karunia yang Allah berikan kepada hambanya. Cinta harus senantiasa dirawat agar bunga dalam rumah tangga selalu mekar. Memberikan perhatian ataupun pujian kepada pasangan adalah salah satu cara untuk menjaga perasaan cinta.

Seiring berjalannya waktu, perasaan cinta itu mungkin saja mengering dan akhirnya mati. Kebohongan, sikap tertutup, enggan mendapat kritik, dan bersikap mau menang sendiri bisa menjadi sebab menghilangnya cinta. Sebelum mengalami hilangnya cinta, lakukanlah usaha untuk menjaga dan menumbuhkan cinta.

Berikut muslimahdaily rangkum beberapa tanda hilangnya cinta dalam rumah tangga yang perlu kamu waspadai:

Merasa Tidak Butuh Lagi dengan Pasangan, Merasa Kesendirian Lebih Nyaman

Jika kebosanan telah menghampirimu, dan kamu merasa lebih nyaman apabila sendiri terpisah dari pasangan, maka inilah tanda yang amat kuat bahwa cinta mulai pudar. Sang istri asik dengan kesibukannya begitu pula dengan suami. Masing-masing merasa tidak butuh lagi dengan kehadiran pasangan. Jika keadaan ini dipertahankan, kematian cinta akan sangat mudah terjadi. Segeralah evaluasi dan raih kembali cinta yang telah mulai beranjak meninggalkan hati dan perasaanmu.

Tidak Merasa Rindu Ketika Berpisah Jauh

Tanda hilangnya cinta adalah tidak merasakan rindu ketika berpisah jauh atau dalam waktu yang cukup lama. Suami dan istri yang berpisah karena suatu tugas lama atau karena perjalanan jauh harusnya merasakan gejolak rindu yang kian lama kian menguat. Semakin lama terpisahnya, semakin menebal rindu mereka. Jika yang terjadi sebaliknya, inilah pertanda cinta mulai sirna.

Mudah Berprasangka Kepada Pasangan

Cemburu adalah bagian dari pertanda cinta dalam kehidupan berumah tangga. Akan tetapi jika cemburu telah berlebihan, akan mudah sekali menaruh prasangka buruk kepada pasangannya. Sikap yang dikedepankan adalah curiga dan tidak percaya. Segala yang dilakukan oleh pasangannya cepat sekali menimbulkan persangkaan berlebihan. Inilah pertanda berikutnya dari hilangnya rasa cinta.

Lebih Suka Menutup Diri dan Tidak Terbuka dalam Banyak Persoalan

Jika kamu menemukan kecenderungan untuk lebih suka menutup diri dalam berbagai persoalan hidupmu ketimbang membicarakannya dengan pasangan, maka hal ini menjadi pertanda melemahnya cinta dalam jiwa. Kamu mungkin lebih suka menceritakan persoalan hidup dengan temanmu. Sedangkan pasanganmu, lebih suka memendam permasalahannya sendiri dan tidak mau kamu mengetahuinya.

Kehilangan Hasrat Kepada Pasangan

Apabila perasaanmu dingin saja melihat penampilan pasangan, tidak ada hasrat dan gairah terhadapnya, maka ini adalah kematian cinta yang sangat nyata. Pada kondisi seperti ini kamu akan sulit mendefinisikan makna cinta dalam kehidupan rumah tangga. Perasaan ini apabila dibiarkan akan memicu munculnya tindak perselingkuhan pada pihak suami dan istri. Jangan biarkan perasaan tersebut berkepanjangan melanda kehidupan rumah tanggamu. Segeralah lakukan tindakan untuk menyelamatkan cinta dan rumah tanggamu.

Sumber buku: Agar Cinta Menghiasi Rumah Tangga Kita Karya Cahyadi Takariawan