Wedding Planner vs Wedding Organizer, Mana yang Kamu Butuhkan?

By March 17, 2020 0
ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Mempersiapkan pernikahan bagi sebagian pasangan adalah hal yang menyenangkan. Tapi tak jarang banyak juga yang kuwalahan karena harus menyesuaikan dengan waktu kerja yang padat atau kemampuan organisir yang buruk. Ada juga yang tak tahu harus memulai darimana dan bingung memilih profesional yang dapat membantunya.

Wedding planner atau wedding organizer yang paling tepat untukku? berikut penjelasan keduanya dan beberapa poin yang bisa menjadi alasan mengapa kamu memilih satu diantara dua jasa ini dirangkum dari laman Brides.

Wedding Planner

Weding planner akan mengatur semua hal yang kamu butuhkan mulai dari rencana, konsep sampai akhirnya kamu bisa mewujudkan pernikahan impianmu. Selain itu, mereka juga akan memberikan rekomendasi vendor, menjadwalkan pertemuan dan negosiasi kontrak dengan para vendor tentunya bersama kamu juga.

Tak hanya itu, wedding planner juga akan membantu menentukan dan mengelola anggaran pernikahan, menemanimu mencicipi makanan, diskusi mengenai desain, koordinasi hotel dan transportasi, mengatur gladi resik hingga memastikan semuanya berjalan dengan baik saat sebelum dan saat acara berlangsung.

Mereka juga akan mengatur jadwal pertemuan keluarga, jadwal perawatan sebelum pernikahan dan masih banyak lagi. Intinya mereka akan mengurusi pernikahanmu dari nol hingga 100% rangkaian acara pernikahan.

Kapan saya membutuhkan wedding planner?

1. Jika kamu memiliki anggaran untuk itu.

2. Jika ingin mengurangi stres urusi persiapan pernikahan

3. Tak ada waktu luang karena tuntutan pekerjaan yang padat

4. Saat kamu tak tahu harus mulai darimana dan sadar bahwa kamu memiliki kemampuan planning atau organizing yang kurang baik.

5. Mengadakan acara di tempat yang tak biasa bukan hotel, restoran atau aula.

Wedding Organizer

Sekilas mungkin akan terdengar sama, hanya saja wedding organizer akan membantu mewujudkan pernikahan yang sudah memiliki bayangan dan konsep pernikahan yang diinginkan sebelumnya. Penyedia jasa ini juga bisa berperan sebagai orang yang akan mengatur segala hal terkait pernikahan, tetapi kamu juga harus selalu mengevaluasi kinerja dari wedding organizer agar semua bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Wedding organizer biasanya akan fokus pada estetika saat acara pernikahan berlangsung, mulai dari dekorasi pelaminan hingga layout di tempat yang akan digunakan untuk acara. Ia juga akan berkordinasi dengan vendor-vendor yang sudah dipilih, memberikan rekomendasi palet warna juga mengawasi anggaran dekorasi dan vendor.

Intinya WO akan memastikan pernikahan berjalan sesuai dengan konsep dan rencana dan bertanggung jawab atas pelaksanaan di hari H.

Untuk waktunya sendiri, wedding organizer bisa bekerja sebulan sebelum hari pernikahan, sedangkan wedding planner bekerja minimal enam bulan sebelum hari pernikahan menyangkut urusan yang dikerjakan oleh wedding planner juga lebih banyak.

Kapan saya membutuhkan wedding organizer?

1. Saat kamu menganggap dekorasi adalah elemen terpenting dari pernikahan.

2. Kurang yakin dengan kreatifitasmu.

3. Memiliki tema pernikahan yang sangat spesifik dan memiliki sejuta ide untuk diwujudkan

4. Membutuhkan orang yang bertanggung jawab saat pelaksaan acara

5. Tak cukup budget untuk wedding planner

Hal yang perlu diingat adalah, jasa manapun yang kamu pilih kamu harus tetap ikut andil dalam segala perencanaan dan kontrolnya, karena bagaimanapun ini adalah pernikahan impianmu. Selamat memilih!

 

Last modified on Tuesday, 17 March 2020 22:05

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama