Lakukan 10 Hal Ini untuk Mengatasi Rasa Bosan dalam Rumah Tangga

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Ketika bahtera rumah tangga baru saja berlayar, semua hal di antara kamu dan pasanganmu terasa menyenangkan dan mendebarkan. Menonton film berdua, makan malam romantis, dan aktivitas lainnya. Namun, seiring berjalan waktu, kamu mulai menyadari bahwa hal-hal itu sudah tidak lagi semenyenangkan dahulu dan mungkin rasa bosa mulai datang.

Pada dasarnya, rasa bosan adalah hal yang wajar. Hampir setiap pasangan di dunia ini pasti pernah merasakannya. Mungkin kamu dan pasanganmu hanya butuh beberapa hal untuk menghilangkan rasa bosan tersebut. Berikut 10 cara yang bisa kamu lakukan untuk usir bosan dalam rumah tangga, dilansir dari laman Best Life:

1. Mendalami Sisi Lain Pasanganmu

Kamu berpikir kalau kamu sudah memahami pasanganmu dengan baik, hingga pada satu titik kamu sudah tidak lagi berbincang dengannya. Itu adalah kesalahan besar, karena dengan kamu berhenti berbincang dengannya, artinya kamu tidak akan mengenal sisi lain dirinya.

Setiap orang memiliki sisi lain yang akan mengejutkanmu. Mulailah dengan bertanya hal-hal kecil seperti makanan favorit di dekat kantornya dan sebagainya. Dari pertanyaan-pertanyaan kecil ini kamu akan menemukan sisi lain dirinya yang tidak kamu ketahui.

2. Menyesuaikan Ekspekstasi

Sebelum membangun rumah tangga, mungkin kamu memiliki ekspektasi seperti dia yang selalu ada di dekatmu dan lain-lain. Tetapi seiring berjalannya waktu, pasti akan ada situasi dan kondisi yang berubah.

Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan ekspekstasi dengan kenyataan yang ada. Berbincanglah dengan pasanganmu tentang ekspektasi kalian, lalu pertimbangkan apakah hal-hal tersebut dapat dipenuhi atau tidak dalam rumah tangga kalian.

3. Coba Hal-hal Baru Bersama

Rutinitas harian yang itu-itu saja dapat membuatmu jenuh. Ubah hal tersebut dengan mencoba hal-hal baru bersama. Kamu bisa mencoba restaurant baru di dekat rumahmu, mengerjakan hobi baru, atau mengunjungi tempat baru. Tujuanmu dan dia adalah keluar dari zona nyaman dengan mencoba hal-hal baru.

4. Membuat Goals dalam Hubungan

Setiap pasangan biasanya memiliki goals yang ingin mereka raih saat baru berumah tangga. Rasa saling mendukung dan kebersamaan yang dimiliki satu sama lain membuat hubungan lebih dekat demi mencapai tujuan tersebut. Namun, ketika goals tersebut sudah tercapai, kamu mulai merasa insecure dengan hari-hari ke depan bersamanya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membuat goals baru, entah itu goals milikmu atau goals sebagai pasangan, ungkapkan semuanya. Keterbukaan ini akan memotivasi kamu serta dia dan membangun hubungan yang lebih erat.

5. Saling Menghargai

Tidak peduli seberapa lama kamu dan dia sudah berumah tangga, teruslah jaga rasa saling menghargai dalam hubungan. Sesekali ucapkan “Terima kasih” kepada pasanganmu agar dia merasa dihargai, dan sebagai pengingat bagi dirimu. Kamu tidak boleh melupakan fakta bahwa hubungan ini dibangun atas usahamu dan usahanya.

6. Menjauh dari Gadget Sejenak

Tidak dapat dipungkiri, gadget menjadi “teman” baru kita di mana pun dan kapan pun. Akibatnya, kamu menjadi jarang berkomunikasi dengan pasanganmu dan melupakannya. Coba luangkan waktu beberapa jam untuk menjauh dari gadget, dan sebagai gantinya, berbincanglah dengan pasanganmu. Saling berbagi cerita tentang harimu sangat efektif untuk membangun hubungan yang lebih dekat dan menjauhkan dari rasa bosan.

7. Berlibur Berdua

Salah satu cara cepat untuk menghilangkan rasa bosan dalam rumah tanggamu adalah dengan pergi berlibur berdua. Kamu bisa mendiskusikan kapan waktu yang tepat untuk berlibur dan mencoba aktivitas baru lainnya.

Dengan berlibur berdua, akan banyak hal spontanitas dan mengejutkan yang tidak akan kamu temui di keseharian biasa seperti sepatu yang patah dalam perjalanan, misalnya. Tidak perlu dibawa stress liburanmu, cukup tertawakan bersama pasanganmu masalah yang menerpa saat liburan. Dengan begitu, ikatan emosional kalian akan lebih erat dan hati menjadi lebih ringan.

8. Menjaga Lingkar Pertemanan

Jaga lingkar pertemananmu meskipun kamu sudah menikah. Tidak hanya dengan pasanganmu, kamu juga perlu membangun hubungan pertemanan dengan orang lain sehingga kamu bisa saling bercerita mengenai pengalaman hidup yang dijalani. Secara otomatis hubunganmu dan pasanganmu juga akan berkembang saat kamu mempunyai teman dalam hidupmu.

Mengapa? Karena kamu bertukar pikiran dengan teman-temanmu dan kamu jadi membangun pola pikir yang baru. Setelah itu kamu bisa bertukar pikiran lagi dengan pasanganmu sehingga rumah tanggamu akan berkembang dan tidak dihinggapi rasa bosan.

9. Menjalani Hobimu Sendiri

Tidak ada salahnya jika kamu meluangkan waktu untuk dirimu sendiri, salah satunya hobi. Tekuni hobimu dan dapatkan pengalaman baru. Dengan melakukan hal ini, kamu jadi memberikan ruang bagi kamu dan dia, dan jadi lebih menghargai segala hal yang sudah kalian jalani berdua selama ini.

Saat bertemu dengan pasanganmu, kamu bisa menceritakan pengalaman barumu yang tidak dia ketahui dan berbagi kesenangan yang kamu rasakan.

10. Berusaha Menjaga Hubungan dengan Pasangan

Setiap hubungan membutuhkan usaha untuk dapat bertahan. Tidak hanya kamu, atau hanya dia, tetapi usaha dari kamu dan dia agar hubungan kalian tetap dekat dan terjaga.

Semakin lama kamu telah bersama dia, semakin banyak usaha yang dibutuhkan, seperti rasa peduli satu sama lain, komunikasi yang lebih terbuka, dan perhatian terhadap satu sama lain. Berusahalah untuk menjaga hubungan dengan pasanganmu.

Itulah 10 hal untuk mengatasi rasa bosan di rumah tanggamu! Semoga bermanfaat.

Last modified on Minggu, 09 Agustus 2020 16:30

Leave a Comment