Agar Lebih Harmonis, Ini 7 Cara Memahami Pasangan Setelah Menikah

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, rumah tangga yang harmonis adalah dambaan bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Salah satu dasar yang Sahabat Muslimah butuhkan untuk terus memperkuat pernikahan adalah pemahaman. Setiap pernikahan yang kuat dan stabil terjadi ketika suami istri bisa saling memahami.

Tentu saja, Sahabat Muslimah sangat memahami bahwa kehidupan suami istri sangat berbeda dan memiliki tantangan tersendiri. Akan tetapi, kamu tetap dapat mewujudkan rumah tangga yang harmonis dengan saling memahami satu sama lain. Berikut 7 cara memahami pasangan setelah menikah yang Muslimahdaily rangkum dari berbagai sumber. 

1. Saling menerima

Sahabat Muslimah, ketika kita sudah memutuskan untuk menikah pastinya dilandasi oleh sikap penerimaan satu sama lain. Namun, tak jarang setelah menikah pasangan kita berubah tak seperti waktu awal berkenalan.

Sejatinya, tiap orang mempunyai karakternya masing-masing. Belajarlah untuk menerima pasangan kamu, ini akan membantu kamu mengembangkan ikatan yang sudah terjalin. Hormati pasangan kamu seperti apa adanya dia mulai dari kekurangan dan kelebihannya.

2. Jalin komunikasi yang baik

Cara selanjutnya yang dapat Sahabat Muslimah lakukan adalah menjalin komunikasi yang baik. Selain menerima satu sama lain, pasangan juga perlu menjalin komunikasi. Pasalnya, dengan komunikasi Sahabat Muslimah akan dibuat semakin dekat dan mengerti pikiran serta perasaan masing-masing.

3. Percaya dengan pasangan

Sahabat Muslimah, menjalin komunikasi dapat diartikan sebagai upaya mempertahankan kepercayaan satu sama lain. Tentu saja, kepercayaan merupakan salah satu kunci utama untuk hubungan suami istri yang bahagia.

Pasalnya, sebagian besar pasangan muda saat ini menghadapi konflik karena cenderung mencurigai pasangan setiap saat. Tentu saja, ini berdampak buruk pada suatu hubungan. Oleh karena ini, Sahabat Muslimah perlu memberi kepercayaan pada pasangan dan terima juga kepercayaan yang diberikan oleh pasangan.

Dengan saling menjaga kepercayaan, Sahabat Muslimah akan menjalin hubungan yang jujur satu sama lain mengenai segala hal termasuk hal kecil sekalipun.

4. Menjadi pendengar yang baik

Dengarkan dengan antusias ketika pasangan kamu sedang berbicara dan mengutarakan isi hatinya. Konsentrasilah untuk mendengarkan yang sedang diceritakan. Ekspresi wajah juga menggambarkan perhatian kamu terhadap apa yang dibicarakan pasangan kamu. Perasaan yang bahagia akan terpancar jelas dalam ekspresi wajah kamu tanpa harus berpura-pura.

5. Saling mengapresiasi dan menghargai

Sahabat Muslimah, hal yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah saling mengapresiasi dan menghargai. Dengan begitu, keduanya akan berusaha dan saling mendukung mencapai tujuan bersama dan mewujudkan mimpi diri sendiri serta pasangan secara bersama.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui kebutuhan emosional dan kebutuhannya akan pujian kasih sayang. Hal ini akan membantu kamu untuk memahami pasangan dengan lebih baik, serta pasanganmu akan merasa istimewa atas perhatian yang kamu berikan.

6. Perhatikan keinginan pasangan

Jika kamu ingin memahami pasangan kamu lebih baik, maka Sahabat Muslimah harus mau mengerti dirinya. Manusia pada dasarnya menilai diri sendiri melalui niatnya dan menilai orang lain melalui perilakunya. Maka dari itu, dari pada menebak-nebak apa yang diinginkan oleh pasangan lebih baik mencari tahu secara langsung dengan mengajukan pertanyaan.

Cara bertanya pada pasangan tentunya berbeda-beda pada tiap orang. Untuk hal seperti ini, Sahabat Muslimah akan lebih tahu dengan memperhatikan kebiasaan-kebiasaan pasangan. Dengan bertanya apa yang diinginkan pasangan, ini akan membuatnya menjadi lebih terbuka.

7. Lebih banyak meluangkan waktu bersama

Sahabat Muslimah, sesibuk apapun kamu sempatkan untuk meluangkan waktu bersama pasangan. Cara ini bisa digunakan untuk mengeksplorasi bagaimana perasaan pasangan saat ini. Semakin banyak waktu yang kamu habiskan dengan pasangan kamu, maka semakin baik pemahaman kamu dalam hubungan.

Sahabat Muslimah, membangun rumah tangga tentu tidak akan semudah merencanakannya. Sebab kamu dan pasangan akan dihadapkan pada berbagai kondisi yang baru bagi kamu dan pasanganmu. Sejatinya, rumah tangga yang harmonis ketika bisa saling memahami satu sama lain dan menjaga komitmen yang telah terjalin.