Simak Tips Runtutan Waktu Perencanaan Pernikahan Agar Mempermudah Persiapan Hingga Hari H

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily – Pernikahan merupakan ibadah yang diharapkan hanya terjadi selama satu kali semasa hidup. Maka dari itu, persiapan yang dilakukan harus diperhatikan dan berjarak jauh sebelum hari H pernikahan itu berlangsung. Nah, sobat muslimah yang sedang dalam persiapan maupun sudah ada niatan menikah bisa simak daftar runtutan waktu perencaan pernikahan berikut ini yaa! Supaya membantu sobat muslimah mempersiapkan pernikahan impian bersama sang pujangga hati.

  • 12 Bulan Sebelumnya

Mulailah membayangkan upacara pernikahan yang Anda inginkan, menggunakan adat apa dan bagaimanakah kesepakatan dengan kedua belah pihak keluarga. Pikirkan konsep suasana pernikahan secara matang agar sesuai dengan pernikahan impian Anda.

Pilih preferensi tanggal dan waktu pernikahan. Muslim sangat menyukai pernikahan selama bulan Syawal dan menghindari pernikahan selama bulan suci Muharram dan Ramadhan. Hal ini bisa menjadi pertimbangan pasangan untuk menentukan tanggal yang tepat menyelenggarakan pesta pernikahan.

  • 9-11 Bulan Sebelumnya

Mulailah mencari vendor (katering, fotografer, pengisi acara, photobooth). Jika Anda termasuk orang yang praktis, maka bisa mulailah mencari wedding organizer terpercaya yang akan menghandle acara pernikahan Anda hingga selesai. Jika Anda memiliki konsep pernikahan yang menanamkan nilai Islam seperti pemisahan gender maka kompromikan dengan WO yang Anda sewa.

Bicarakan tentang berbagai elemen pernikahan Muslim yang memang Anda inginkan, lalu putuskan apa yang ingin disertakan. Apakah Anda akan menggunakan aturan pemisahan gender yang mengharuskan pria dan wanita tetap terpisah selama akad dan resepsi?

Jika pernikahan akan diadakan di masjid, cari tahu tentang persyaratan pakaian, seperti melepas sepatu dan cadar bagi wanita.

  • 6-8 Bulan Sebelumnya

Diskusikan dokumen pernikahan yang diperlukan. Akad pernikahan Muslim yang tentunya menyertakan mahar, pernyataan resmi yang menyebutkan jumlah uang yang akan diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita. Selain itu, Anda mungkin memerlukan berkas-berkas pernikahan seperti surat nikah, pas foto, dan dokumen penting lainnya.

Perhatikan tamu yang akan diundang, saat ini sudah banyak yang undangan elektronik yang memudahkan para pasangan loh. Pastikan Anda telah menemukan pada siapa Anda akan mempercayakan pengurusan undangan. Jangan lupa untuk berdiskusi dengan kedua belah pihak keluarga mengenai tamu yang akan diundang.

  • 3-4 Bulan Sebelumnya

Tentukan siapa yang akan menjadi bagian dari akad pernikahan. Perhatikan dan tentukan saksi, wali, dan orang-orang yang terlibat dalam proses akad. Pastikan tempat dan teknis akad aman terkendali dan tidak terlupakan.

Mulailah merencanakan konsep prewedding jika Anda menginginkannya.

  • 3-4 Minggu Sebelumnya

Adakan pertemuan terakhir dengan orang-orang yang terlibat seperti WO, keluarga, atau sahabat-sahabat yang turut membantu proses penyelenggaraan pernikahan Anda. Pastikan setiap orang-orang yang terlibat dalam akad pernikahan memahami apa yang menjadi tugasnya di hari H acara.

  • 1-2 Minggu Sebelumnya

Pada waktu-waktu yang sudah dekat ini, alangkah baik Anda dan pasangan sudah mulai memperhatikan persiapan dari diri masing-masing. Ketika diri telah dipersiapkan, maka Anda seharusnya hanya mengecek dan memastikan kembali rencana-rencana yang akan dilakukan pada hari H pesta pernikahan. Nikmati perayaan persiapan menuju hari H, seperti membersihkan diri, mendandani diri, mempercantik diri, lebih meluangkan waktu untuk istirahat yang cukup.

  • Hari Sebelum

Percayakan semua persiapan dan jalannya acara terhadap WO dan orang-orang yang terlibat. Jangan lupa banyak berdoa dan pastikan diri tidak stress maupun kelelahan. Istirahat yang cukup agar keesokan harinya Anda menjadi pengantin yang siap dan fresh!

Gimana? Tentunya hal ini membantu sobat muslimah dalam meraba-raba persiapan yang harus dilakukan sebelum hari H pernikahan kan? Semoga bermanfaat ya. Untuk sobat muslimah yang belum terlihat jodohnya semoga cepat dipertemukan setelah membaca artikel ini. Aamiin yaa rabbal 'aalamiin

Last modified on Rabu, 04 Januari 2023 09:55

Leave a Comment