Berencana Menikah? Pelajari Hal Ini Agar Lebih Percaya Diri!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily – Menikah merupakan ibadah impian umat Islam dalam menyempurnakan imannya. Tak jarang orang yang belum menikah selalu mendapat wejangan dari orang-orang yang telah menikah seperti “Dalam Pernikahan, banyak banget pelajaran yang kita tuh gak tau dan ngerasa bodoh sekali”.

Mungkin beberapa sobat muslimah masih belum siap dalam pernikahan dikarenakan ketakutan akan apa yang harus dipersiapkan dalam pernikahan, pengalaman-pengalaman lingkungan sekitar juga terkadang mempengaruhi keraguan dalam mengambil keputusan menikah. Tak perlu khawatir, muslimahdaily merangkum dari berbagai sumber mengenai ilmu apa yang harus dipelajari sebelum menikah agar lebih percaya diri!

1. Ilmu Agama Tentang Pernikahan

Ilmu agama menjadi landasan penting yang harus dipelajari sebelum menikah, alangkah lebih baik kita mengetahui hukum-hukum dalam Islam, kemudian sunnah-sunnahnya, apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak.

Ibnu Qayyim Rahimahullah seorang cendekiawan muslim dan pakar fikih mengatakan, “Orang yang beramal tanpa ilmu bagai orang yang berjalan tanpa ada penuntun. Sudah dimaklumi bahwa orang yang berjalan tanpa penuntun akan mendapatkan kesulitan dan sulit untuk selamat. Taruhlah ia bisa selamat, namun itu jarang. Menurut orang yang berakal, ia tetap saja tidak dipuji bahkan dapat celaan.”Oleh sebab itu, persiapkan ilmu kita sebelum benar-benar beribadah dan beramal di jalan Allah. Wallahu 'alam.

2. Ilmu Medis

Terdapat banyak masalah yang mungkin muncul dalam sebuah pernikahan di kemudian hari jika tidak berhati-hati sekarang. Tes kesehatan itu bukan berarti kamu cacat, melainkan ini bentuk langkah antisipasi untuk masa depan. Pernikahan berarti awal dari sebuah keluarga baru. Check medis akan memudahkan kamu dan pasangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Ilmu Parenting

Jika Allah memberkahimu seorang anak, paling tidak kamu telah mengetahui dasar hukum ilmu dalam mendidik anak. Ada banyak sekali metode mendidik anak yang bisa kamu pilih, dan jika kamu belajar parenting akan mempermudahmu dalam membentuk karakter serta hubungan antara orang tua dan anak. Kamu tidak akan terlalu panik dan bisa lebih percaya diri karena memiliki bekal ilmu tersebut.

4. Ilmu Tentang Hukum Pernikahan

Hukum pernikahan umumnya terbagi menjadi dua yakni hukum negara dan hukum agama. Sebagai warga negara yang baik, maka kamu harus mengikuti peraturan menikah secara hukum negara. Dan sebagai umat yang beragama, kamu juga harus paham bagaimana sahnya pernikahan menurut agama yang dianut.

5. Ilmu Mengurus Kebutuhan Pasangan

Dalam kehidupan rumah tangga, kamu tidak hanya akan mengurus dirimu sendiri namun sebagai seorang istri atau suami nantinya, kamu juga wajib mengurus satu sama lain.Ilmu seperti ini tidak ada pembelajaraan teori namun perlu kamu ketahui. Seperti halnya menyiapkan sarapan, pakaian untuk ke kantor, menjaga anak-anak. Meskipun kamu mempunyai pembantu rumah tangga, atau mengerjakannya bersama pasangan ada baiknya kamu tetap mengetahui hal ini sehingga inisiatif dan sikap tolong-menolong dalam pernikahan terjalin dengan lancar.

6. Ilmu Menyelesaikan Masalah

Berbagai masalah pasti akan hadir di tengah kehidupan rumah tangga. Salah satu pelajaran yang penting sebelum menikah adalah bagaimana cara menyelesaikan masalah dengan tepat. Menjalani hubungan lama tidak menjamin kamu dan pasangan memiliki pandangan yang sama terhadap suatu masalah. Ilmu ini bisa kamu pelajari dari buku atau bahkan bisa ke ahlinya (Konselor Pernikahan)

7. Ilmu Komunikasi yang Efektif

Berbagai perselisihan yang terjadi dalam pernikahan disebabkan oleh kesalahan dalam berkomunikasi. Tidak banyak yang menyadari bahwa pria dan wanita memiliki perbedaan cara berkomunikasi yang kelak akan membawa pengaruh besar saat berumah tangga.Karenanya, saling memahami bagaimana cara masing-masing dalam mengkomunikasikan sesuatu dan memahami perbedaan cara penyampaian pesan antar individu menjadi penting untuk dipelajari. Hal ini juga akan membantu pasangan nantinya dalam proses penyelesaian masalah karena sudah memahami cara komunikasi masing-masing.

Nah penjelasan di atas merupakan kilasan ilmu-ilmu yang harus sobat muslimah ketahui dan minimal pelajari dasarnya, agar ketika menikah sudah memiliki bekal meskipun setelah menikah kita akan tetap belajar dan berproses yaaa. Hal ini juga akan menambah kepercayaan diri kalian dalam memulai menjalani hidup dalam ikatan pernikahan.

Last modified on Jumat, 20 Januari 2023 16:05

Leave a Comment