Indahnya Menjadi Seorang Istri

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Maha suci Allah menjadikan wanita begitu mulia dan terjaga. Hal ini terlihat sebagaimana Al-Qur’an dan Hadist banyak membahas mengenai keutamaan dan istimewanya seorang wanita.

Begitupun juga seperti keistimewaan wanita jika sudah menjadi istri. Ia dapat menjadi bidadari bagi pangeran hatinya. Tak perlu menunggu nanti dicakhirat, karena di duniapun seorang istri dapat menjadi bidadari bagi suaminya yang meneduhkan pandangan, menjadi penghibur hatinya dikala gundah dan menjadi penyegarnya ketika lelah.

( baca juga : Inilah Gambaran Anggunnya Bidadari Surga )

Berikut ini peran istri yang sangat mulia : 

1.Menjaga kehormatan jika suami pergi 

“Bagi seorang mukmin laki-laki, sesudah taqwa kepada Allah, maka tidak ada sesuatu paling berguna bagi dirinya, selain istri yang shalihah, yaitu taat bila diperintah, melegakan bila dilihat, menerima bila diberi janji, dan menjaga kehormatan dirinya dan suaminya, ketika suaminya pergi.”(HR. Ibnu Majah)

2.Dapat diberi amanah

Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wa sallam bersabda: “Ada tiga macam keberuntungan, yaitu (1) istri shalihah, kalau kamu lihat melegakan dan kalau kamu tinggal pergi ia amanah serta menjaga kehormatan dirinya dan hartamu, (2) Kuda yang penurut dan cepat larinya sehingga dapat membawa kamu menyusul teman-temanmu, (3) Rumah besar yang banyak didatangi tamu.” (HR. Hakim)

3.Memberikan suasana teduh dan ketenangan di Rumah 

Allah Ta'ala berfirman: “Di antara tanda kekuasaan-Nya, yaitu Dia menciptakan pasangan untuk diri kamu dari jenis kamu sendiri, agar kamu dapat memperoleh ketenangan bersamanya dan Dia menjadikan ras cinta dan kasih sayang antara kamu. Sungguh di dalam hati yang demikian itu merupakan tanda-tanda (kekuasaan) bagi kaum yang berpikir.” ( QS. Ar-Ruum : 21)

4.Menjadi istri shalilah 

“Barangsiapa diberi oleh Allah istri yang shalihah, maka sesunggunya ia telah diberi pertolongan oleh Allah meraih separuh agamanya. Kemudian hendaklah ia bertakwa kepada Allah di dalam memelihara separuh lainnya.” (HR. Thabrani dan Hakim)

5.Menaati apa yang dikatakan dan diperintahkan suami 

“Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”. (HR. Ahmad)

Masya Allah, semoga kita menjadi Istri yang dapat taat pada suami dan bisa menuju surgaNya. Aamiin

Last modified on Rabu, 05 Oktober 2016 04:20

Leave a Comment