Pembantu Mudik, Ini Tips Ajarkan Balita Mambantu Pekerjaan Rumah

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Irna/Muslimahdaily.com )

Muslimahdaily - Libur lebaran, pekerjaan rumah menumpuk. Mudiknya pembantu rumah tangga umumnya membuat bunda pusing memikirkan cara untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tanpa diganggu oleh si kecil. Nah, daripada mengomeli si kecil ketika bunda sedang mengerjakan pekerjaan rumah, ikutkanlah Ia untuk membantu bunda bekerja. Apa sajakah kegiatan yang bisa dikerjakan oleh mereka? dan bagaimana caranya agar mereka mau membantu bunda? Berikut cara-cara yang bisa bunda coba:

1.Merapikan mainan

Tugas-tugas pekerjaan rumah anda yang sudah memusingkan, bisa saja ditambah lagi dengan harus merapihkan mainan-mainan si buah hati. Agar beban bunda dapat berkurang, ajarkanlah Ia untuk merapihkan mainan seusai dimainkan. Berikanlah anak tempat khusus untuk menaruh mainan-mainannya dan ajarkan Ia untuk mengembalikan mainan-mainan ke tempat tersebut.

2.Membawa piring ke tempat cuci piring

Ajarkan balita bunda kedisiplinan dan kebersihan dengan membiasakannya untuk membawa piring kotor ke tempat cuci piring. Selain melatih kedisiplinan dan kebersihan, pekerjaan bunda pun menjadi berkurang.

3.Menyiram tanaman

Anak-anak umumnya suka bermain air. Ajarkanlah balita anda untuk menyiram tanaman, siapa tahu, buah hati anda akan merasa senang ketika menyiram tanaman dan juga akan menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan.

4.Merapihkan tempat tidur

Selain mengurangi beban anda, mengajari anak untuk merapihkan tempat tidur juga dapat melatih rasa tanggung jawab pada anak loh, bunda.

Ajarkanlah anak berbagai pekerjaan rumah tangga yang mudah dan aman untuk dilakukan oleh balita anda. selain beban anada berkurang, tentunya akan melatih kedisiplinan, kepedulian, dan kebersihan sejak dini. Selain itu, pekerjaan yang dikerjakan bersama-sama tentunya akan terasa lebih mudah, kan bunda?

Last modified on Rabu, 28 Jun 2017 06:36

Leave a Comment