7 Aktivitas Sederhana Ini Bangun Kedekatan Ayah Dan Bayi

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Ketika laki-laki dan perempuan menikah kemudian memiliki anak, pasti keduanya menemukan perannya masing-masing. Banyak ayah berjuang untuk menemukan peran mereka sebagai orangtua baru, karena tugas pengasuhan seringkali jatuh kepada ibu, terutama ketika datang waktunya untuk memberi makan, maka ibu akan menyusui secara eksklusif.

Namun ternyata, peran ayah dalam menjalin kedekatan dengan bayi sama pentingnya dengan ibu dan itu dimulai sedini mungkin. Dikutip dari living.thebump.com dalam "The Dad Factor," peneliti Richard Fletcher dari University of Newcastle menjelaskan bahwa cara seorang ayah berinteraksi dengan bayinya dapat secara harfiah membentuk struktur otak anak.

Berikut 7 Aktivitas yang akan membangun kedektana bayi dengan sang ayah, dikutip dari parents.com :

1.Dekap Ketika Memberikan Susu

Kelekatan akan muncul ketika bayi berada dekat dengan ayah atau ibunya. Ketika ibu menyusui bayinya, dia akan memeluk dekat ke dadanya dan bayi memiliki pandangan yang sempurna ke mata ibu. Ayah juga bisa mencobanya saat menyusui anak lewat botol. Tahan dia di posisi yang sama, biarkan si kecil menatap mata ayah juga.

2.Ambil Shift Malam

Mempunyai bayi, pasti jam tidur jadi sedikit berantakan, karena tak jarang si bayi akan bangun di malam hari karena lapar atau minta diganti popok. Peran ini mungkin lebih sering dilakukan oleh bunda,. Maka dari itu, sesekali beri ibu kesempatan untuk menikmati tidur nyenyaknya dengan menjadi “Penyelamat malam” ketika bayi menangis.

3.Jadilah Bagian dari Rutinitas Tidur

Jadwal tidur yang konsisten sangat penting untuk membantu bayi tidur sepanjang malam. Pilih bagian dari rutinitas yang ingin Ayah ikuti seperti waktu mandi. Ini akan membantu bayi mengerti bahwa ketika Ayah mengatakan waktu mandi, itu juga akan menjadi waktu tidur untuknya.

4.Bawa Anak Jalan-Jalan

Ketika sedang berdua, cobalah untuk mengajak bayi berjalan-jalan di sekitar komplek, karena bayi sangat menyukai udara segar. Coba gunakan gendongan sebagai pengganti kereta dorong. Ini akan membuat bayi tetap dekat dengan Ayah selama berjalan. Jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen jika diluar panas dan pakaikan baju hangat jika sedikit dingin.

5.Menenangkan Tangisannya

Ketika bayi menangis, cobalah untuk menenangkannya. Walaupun ini adalah hal yang sulit tapi cobalah bernyanyi untuknya, ajak jalan-jalan, ayunkan dengan lembut, atau temukan dot yang paling pas untuk dia hisap. Dengan cara ini, dia dapat belajar bahwa Ibu bukanlah satu-satunya yang dapat memberikan apa yang dia butuhkan.

6.Buat Wajah Konyol

Mungkin ini akan terasa mengasingkan bagi ayah baru, tapi ayah pasti bisa menjadi pria yang lucu. Mulailah dengan hanya membuat wajah konyol yang akan membuat bayi bersinar dengan senyuman. Saat bayi bertambah usia, cobalah permainan yang menyenangkan seperti peekaboo.

7.Memijat Bayi & Membuat Waktu Bermain

Sisihkan waktu khusus setiap harinya untuk bermain dengan si kecil. Mungkin selepas jam kantor atau sebelum berangkat. Jadikan ini bagian dari rutinitasnya sehari-hari, jadi dia bisa mengharpakan waktu main bersama ayahnya setiap hari.

Di sela bermain, bisa juga diselipkan pijatan lembut karena sejatinya bayi merespons sentuhan. Selain itu, cara sederhana untuk menenangkan mereka adalah dengan memijat bayi. Ketika bayi sedang tenang dan bahagia, ambil waktu 10 hingga 15 menit untuk memijat lembut kaki, perut, lengan, dan lehernya.

Sekian tips meningkatkan kedekatan ayah dengan anak, silahkan mencoba ayah!

Leave a Comment