Melatih Empati dan Ketahanan Fisik, Kapan Idealnya Anak Mulai Belajar Puasa?

By May 14, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap Muslim. Tanpa proses latihan yang rutin, tentu akan terasa sulit menjalankan ibadah puasa yang penuh tantangan lapar dan dahaga itu. Salah satu cara agar menjalankan ibadah puasa adalah berlatih puasa sejak dini atau anak – anak.

Tetapi, kapankah sebaiknya anak – anak mulai diajarkan berpuasa? Berikut kita simak beberapa pendapat.

Kapan Anak Sebaiknya Mulai Belajar Puasa?

Sama seperti perintah untuk mengajarkan anak – anak sholat, para ulama sepakat untuk mulai mengajarkan anak berpuasa sejak usia 7 tahun. Pada usia ini, fisik anak sudah cukup kuat dan pola pikirnya juga lebih mudah diajarkan tentang larangan dan amalan ketika berpuasa.

Hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Daawood, dari 'Amr bin Shu'ayb dari bapanya dari kakeknya yang mengatakan bahwa Rasulullah, sallallaahu `alayhi wa sallam bersabda,”Perintahkan anak-anakmu untuk sholat ketika berusia 7 tahun, pukul mereka jika meninggalkan sholat ketika mereka berusia 10 tahun, dan pisahkan tempat tidur mereka (memberikan kamar pribadi anak)."

Anak Umur 7 Tahun Sudah Memahami Arti Puasa

Dengan mulai mengajarkan puasa sejak usia 7 tahun, lama - kelamaan anak akan lebih terbiasa untuk melakukannya. Anak – anak pada usia ini juga akan lebih cenderung meniru perilaku dan perkataan orangtuanya.

Jika ayah dan ibu melakukan kewajibannya seperti sholat dan berpuasa, maka anak – anak mereka yang melihat setiap hari, tentu juga akan berbuat demikian. Apabila anak sudah mencapai akil baligh, puasa menjadi wajib bagi mereka.

Anak – anak yang dilatih puasa atau setidaknya diperkenalkan dengan puasa sejak dini, akan lebih mudah memahami makna puasa dan syariat Islam. Sebaiknya, anak – anak memang tidak perlu dipaksa bila belum sanggup berpuasa.

Terlebih dahulu, ibu bisa menerapkan puasa setengah hari atau sekitar pukul 12.00 agar anak bisa berbuka. Kemudian, dilanjutkan lagi berpuasa hingga maghrib.

Berikut ini adalah beberapa tips lainnya agar anak bisa belajar puasa dengan cara yang menyenangkan tanpa paksaan:

- Ajak anak – anak bangun sahur agar mereka terbiasa dan memahami kebiasaan makan sahur yang berkah.

- Sediakan hidangan favorit anak ketika sahur atau berbuka puasa.

- Berikan mereka reward atau penghargaan jika berhasil melakukan puasa Ramadhan selama 30 hari penuh.

- Berikan motivasi dan semangat agar anak tidak mudah menyerah saat berpuasa.

- Jangan memarahi anak usia 5 – 7 tahun bila ia merasa lapar atau haus (belum sanggup berpuasa).

Semoga ayah dan ibu diberi kemudahan dalam mendidik dan mengasuh buah hati. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama