4 Aktivitas Menyenangkan yang Dapat Dilakukan Selama Liburan Idul Fitri Selain Mudik

By June 7, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Mudik ke kampung halaman adalah impian bagi setiap orang saat Idul Fitri. Bisa mengunjungi orang tua atau kerabat setelah satu tahun terakhir bekerja di rantau tentu ada banyak kerinduan dan kekhilafan yang harus dihapuskan.

Sayangnya, karena keterbatasan biaya atau faktor lain, beberapa orang akhirnya mengurungkan niat untuk mudik dan memilih tinggal di dalam kota saja. Sedih memang rasanya, terutama anak – anak yang sangat menantikan momen mudik setiap tahun. Tetapi, tak perlu larut dalam kesedihan terlalu lama, karena masih banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dicoba selama liburan Idul Fitri apabila tidak bisa mudik. Berikut di antaranya:

1. Mengunjungi Rumah Tetangga atau Teman di Dalam Kota

Tidak bisa mudik ke kampung halaman di luar pulau atau luar kota, jangan berkecil hati. Bukankah kita masih punya “keluarga” lain di dalam kota. Mereka adalah tetangga di dekat atau agak jauh dari rumah.

Mungkin selama bersosialisasi dengan tetangga kita, ada kesempatan untuk menyinggung perasaan mereka tanpa sengaja. Nah, di momen Idul Fitri yang spesial ini, kita bisa meminta maaf dan saling mengunjungi rumah tetangga. Saat ini keluarga modern di perkotaan besar sudah sangat sulit berbaur. Bahkan, antara tetangga sebelah rumah saja, tidak saling mengenal. Ketuklah pintu tetangga Anda saat Idul Fitri, bawalah kue atau makanan untuk menciptakan keakraban.

2. Berpiknik di Alun – alun Kota

Anak – anak sedih karena tidak bisa mengunjungi rumah kakek – nenek di kampung? Ajak mereka untuk berpiknik di alun – alun kota. Anak – anak bisa melepaskan sejenak semua beban pikiran dengan bermain kejar – kejaran atau berlarian sepuasnya.

Tak hanya itu, masih ada makanan dan minuman menyegarkan yang bisa dinikmati sambil berpiknik beralaskan tikar di atas rumput. Wah, dijamin anak – anak ketagihan untuk melakukan piknik setiap minggu.

3. Melihat Film Favorit Anak

Lelah berjalan – jalan dan ingin menikmati waktu liburan di rumah saja, luangkan waktu untuk melihat film favorit anak – anak. Biarkan anak memilih sendiri film favoritnya. Jangan lupa tutup gorden dan matikan lampu agar tampak seperti suasana bioskop sungguhan.

Suguhkan juga beberapa camilan khas bioskop seperti jus jeruk, popcorn atau kentang goreng. Yummyy...

4. Bermain Air

Saatnya mengajak anak – anak pergi ke kolam renang dan bermain air sepuasnya. Daripada bosan di rumah dan anak – anak rewel, lebih baik berolahraga atau mengajari anak berenang. Tetapi, jika Anda lebih senang berada di rumah atau menghindari kemacetan lalu lintas, cukup isi bak dengan air dan biarkan si kecil bermain air dengan riang gembira.

Tambahkan juga pancuran atau shower yang dibuat sendiri dari kantong plastik yang diisi air sampai penuh, lalu tusuk memakai garpu atau lidi di bagian bawah kantong. Kini, shower atau pancuran pun siap menambah keseruan bermain air di halaman rumah.

Sekalipun Idul Fitri terasa kurang afdol tanpa mencium langsung tangan kakek dan nenek untuk meminta maaf, tetapi cukup dengan saling mendoakan Idul Fitri akan terasa lebih bermakna.

Lakukan kegiatan yang positif untuk membuat anak – anak tetap terhibur meski tahun ini Anda tetap di dalam kota dan tidak mudik ke kampung halaman..

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama