Bahagia Berlipat Ganda, 5 Tips Untuk Punya Anak Kembar

By July 4, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Anda sedang mengandung bayi kembar? Berita gembira ini memang patut disyukuri karena tidak seperti calon ibu lainnya yang hanya memiliki satu bayi. Anda akan memiliki dua bayi sekaligus dalam waktu bersamaan. Tetapi, bagi sejumlah calon ibu bayi kembar, kegembiraan yang berlipat ganda ini akan diiringi dengan persiapan – persiapan yang tentunya juga berlipat.

Semua kebutuhan harus serba ganda. Termasuk untuk mempersiapkan kondisi finansial yang bisa memenuhi kebutuhan si kembar yang akan lahir nanti. Tidak perlu khawatir berlebihan, simak beberapa tips memiliki anak kembar berikut sebagai panduan memaksimalkan tumbuh kembang mereka di masa mendatang.

1. Biarkan si kembar mengekspresikan individualitas mereka

Kembar secara fisik bukan berarti kembar dalam segala hal. Bisa saja anak kembar memiliki bakat dan minat yang berbeda – beda. Tugas orang tua hanya mengenali dan mengidentifikasi identitas pribadi setiap anak.

Meluangkan waktu untuk memberikan pendekatan pada si kembar tentang pilihan individu dan bagaimana cara mengungkapkan perasaan mereka.

2. Menjaga rutinitas

Merawat satu bayi yang baru lahir saja terkadang sudah membuat ayah dan ibu kerepotan dan perlu meminta bantuan baby sitter. Terlebih lagi, jika Anda memiliki bayi kembar. Terapkan jadwal rutinitas yang sama setiap hari.

Misalnya, pola makan dan pola tidur si kecil. Dengan begitu Anda masih bisa memiliki waktu untuk mengerjakan hal lain dan tidak kelelahan. orang tua bayi kembar juga bisa meminta bantuan asisten rumah tangga atau saudara untuk menjaga bayi terutama di malam hari agar ibu bisa memiliki cukup tidur.

3. Luangkan waktu quality time dengan setiap anak

Sama seperti anak non-kembar, kadang – kadang anak kembar juga menginginkan kebutuhan individunya terpenuhi dari orang tua. Tidak masalah untuk sesekali mengajak salah satu anak kembar pergi secara terpisah. Menjadi anak kembar bukan berarti harus selalu bersama, bukan? Ini akan menjadi momen paling berharga yang akan dikenang setiap anak kembar.

4. Nikmati setiap menit

Memiliki anak kembar yang masih berusia balita tentunya akan sangat merepotkan dan melelahkan. Tetapi, semuanya akan terbayar jika orang tua selalu menikmati setiap menit dan bersyukur.

Anak kembar adalah dua orang yang sama sekali berbeda meski terlihat sama. Anda mungkin harus bersiap ketika semua orang melihatnya dan menjadi pusat perhatin banyak orang.

5. Sabar

Hal lain yang dibutuhkan orang tua dengan anak kembar adalah sikap selalu bersabar dan tenang. Jika Anda merasa kelelahan, minta bantuan teman atau saudara agar bisa beristirahat sejenak.

Rumah Anda mungkin sering terlihat kacau atau berantakan, tetapi percayalah itu adalah salah satu tanda bahwa si kembar tumbuh dan berkembang dengan baik. Selamat menikmati menjadi orang tua dari anak kembar.

Last modified on Thursday, 04 July 2019 06:03

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama