Bunda, Inilah Cara Sederhana Tingkatkan Minat Baca Pada Anak

By September 16, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Irna/Muslimahdaily )

Muslimahdaily - Tingkat literasi atau minat membaca masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Menurut penelitian Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2015 lalu. Tercatat Indonesia di peringkat 62 dari 70 negara yang diteliti.

Sebenarnya minat untuk membaca sudah dapat dipupuk sejak dini, oleh ayah atau bunda. Berikut ini 5 cara mendidik anak agar gemar membaca,

Memilih buku yang anak sukai

Biarkan anak memilih buku yang ia sukai dan sesuai seleranya. Dengan begitu, mereka akan lebih cenderung membaca sampai habis buku yang mereka pilih sendiri. Namun, sebagai orang tua tetap harus mengawasi buku apa yang mereka baca. Jangan sampai karena kelelaian orang tua, mereka membaca buku yang tidak sesuai tingkatan usia.

Membaca buku dengan suara keras

Membaca dengan suara keras dapat berdampak pada kemampuan baca anak, tanpa disadari mereka akan mulai tertarik untuk membaca buku yang mereka sukai. Selain itu, saat anak membaca perlu pula didampingi oleh orang tua. Dengan begitu dapat membantu mereka untuk lebih memahami isi buku tersebut.

Menjadi role model untuk anak

Anak akan meniru apa yang orang tuanya lakukan. Agar anak memiliki kebiasaan membaca, sebagai orang tua juga perlu membiasakan membaca sebuah buku di depan anak. Hal ini dapat mendorong mereka untuk ikut membaca buku, jadi sering-seringlah membaca buku di depan anak!

Perhatikan tempat

Tempat yang nyaman dan suasana yang kondusif membuat anak menjadi betah membaca. Berikan desain ruangan dengan suasana yang mendukung minat baca pada anak.

Ajak anak ke toko buku

Dengan sering mengajak anak ke toko buku secara tidak langsung menyukai kegiatan membaca. Anak dapat memilih buku yang membuatnya tertarik untuk membacanya saat berada di toko buku. Selain itu, dengan mengajak anak ke toko buku dapat membantu mereka untuk mengetahui berbagai macam genre buku.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama