Hypnoparenting, Jurus Parenting Jitu Hasilkan Anak yang Berkarakter Positif

Muslimahdaily - Membesarkan anak memang bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu bunda harus menemukan metode yang efektif untuk mengasuh si buah hati. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah hypnoparenting.

Hypnoparenting menurut Rena Latifa,M.Psi, Dosen Fakultas Psikologi UIN Jakarta, adalah metode mengasah dan membentuk karakter anak dengan cara memprogram perilakunya sesuai dengan yang orangtua inginkan.

Hypnoparenting dilakukan dengan cara memberikan sugesti-sugesti yang berupa kalimat afirmatif positif secara berulang-ulang. Misalnya dengan mengucapkan kata-kata, “kamu pintar”, atau “kamu hebat” dan kata-kata positif lainnya. 

Metode hypnoparenting ini sangat mudah dan sederhana, namun harus tepat tekniknya. Menurut Rena terdapat 4 hal yang harus diperhatikan orangtua saat melakukan metode hypnoparenting, diantaranya:

1.Hindari kata “jangan” saat memberi sugesti pada anak, seperti ucapan, “kamu jangan nakal ya” atau “kamu jangan rewel ya kalo mama lagi kerja.”

2.Cari waktu yang tepat, yaitu pada saat anak sedang dalam kondisi trance, kondisi dimana anak sedang relaks namun tetap konsentrasi. Misalnya pada saat anak sedang menonton tv atau sebelum tidur. Bagi anak di bawah dua tahun, bisa dilakukan saat sedang menyusui

3.Menggunakan media pendukung, misalnya alunan musik yang menenangkan atau suara lembut ayah dan bunda

4. Kontak tubuh seperti mengusap-usap dahi atau punggung anak secara berulang-ulang,konsisten,dan monoton

Sugesti-sugesti positif yang diberikan pada saat melakukan hipnosis akan terprogram dalam otak anak sehingga dapat membentuk perilaku anak yang juga positif. Selain itu anak yang lebih sering diberikan sugesti-sugesti positif akan cenderung lebih percaya diri dan cepat perkembangannya. Ayo bunda mulai terapkan metode hypnoparenting ini dalam membesarkan si buah hati, Insyaallah buah hati bunda akan tumbuh percaya diri dan berkarakter positif sesuai dengan keinginan bunda.  

 

Last modified on Selasa, 10 November 2015 10:47