5 Cara Sederhana Ajarkan Si Kecil Hidup Bersih

By February 18, 2020 0
Ilustrasi Ilustrasi ( Foto: Washington Post )

Muslimahdaily - Anak yang terbiasa hidup bersih dan sehat akan lebih peduli terhadap lingkungan dan rentan terkena penyakit. Orangtua memiliki peran yang penting dalam memperkenalkan kebersihan pada sang buah hati.

Memperkenalkan kebersihan pada si kecil ternyata tak cukup dengan mengajarkannya, orangtua perlu memberikan contoh langsung dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengajarkan hidup bersih dan sehat pada anak, bunda dapat memulainya dengan menanamkan kepada si kecil untuk peduli terhadap kebersihan dirinya terlebih dahulu.

Berikut beberapa kegiatan yang dapat diajarkan kepada si kecil untuk peduli dengan kebersihan:

Mandi

Anak-anak perlu dibiasakan untuk mandi secara teratur setidaknya dua kali sehari. Jelaskan pada mereka bahwa tubuh yang tidak terjaga kebersihannya akan adalah sumber berbagai penyakit. Di samping itu bila malas mandi, tubuh akan berbau tidak sedap, yang mengakibatkan tidak ada seorang kawanpun di sekolah yang tidak mau bermain dengannya.

Jadikanlah mandi ini sebagai kegiatan yang menyenangkan buat anak. Cara untuk membuat si anak terbiasa dengan air adalah dengan bermain-main dengan semprotan air di taman atau sesekali ajaklah dia ke kolam renang.

Menggosok Gigi

Banyak orangtua yang mengalami kesulitan ketika menyuruh si kecil menggosok giginya. Sebagai orang dewasa sebaiknya jangan berhenti memotivasi anak untuk lebih peduli terhadap kebersihan gigi dan mulutnya.

Ada baiknya berdiskusi dengan si kecil ketika suasana santai. Jelaskan pada anak mengapa kita harus menggosok gigi dan apa akibatnya kalau kita enggan menggosok gigi. Mulut akan berbau dan semua teman akan menjauhi kita.

Manfaatkan waktu menjelang tidur untuk menggosok gigi bersama anak. Agar anak dapat melihat contoh menggosok gigi yang benar.

Memotong Kuku

Agar lebih mudah, potonglah kuku si anak ketika dia selesai mandi. Air biasanya melebutkan dan melunakkan kuku, sehingga kuku mudah dipotong dan tidak menyakitkan. Ketika menggunting kuku, jangan menggunting kuku terlalu dalam dan mengambil kotoran di bawah kuku dengan menggunakan benda tajam, karena bisa merusak jaringan kulit dan mengakibatkan luka serta infeksi. Jangan biarkan anak pra sekolah untuk menggunting kuku sendiri.

Mencuci Tangan dan Kaki

Ajarkan anak untuk mencuci tangan pada saat anak mau makan atau selesai beraktivitas. Biasakan anak untuk menggunakan cairan pembersih tangan. Jelaskan kepada anak dengan bahasa sederhana bahwa tangan harus selalu dalam kondisi bersih, karena bila tangan kotor maka kotoran akan masuk ke dalam mulut bersamaan dengan makanan yang kita makan. Apabila hal ini terjadi akan mengakibatkan sakit perut. Sementara untuk mencuci kaki biasakan pada si kecil ketika menjelang tidur agar tidak timbul berbagai gangguan kesehatan.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Biasakan anak untuk minum air putih. Usahakan juga bekal yang dibawa ke sekolah adalah buatan rumah yang gizi dan kebersihannya diketahui. Hindari memberi bekal snack ringan, coklat, permen ketika dia ke sekolah. Sebaiknya sediakan menu sehat, karena sepanjang hari dia beraktivias di sekolah, pastilah anak membutuhkan energi yang banyak. Itu bisa didapatkan dari bekal sehat yang diberikan kepadanya.

Semoga beberapa kegiatan tersebut dapat memudahkan bunda untuk mengajarkan kepada si kecil hidup bersih dan sehat. Mari, biasakan anak hidup bersih dan sehat sejak dini.

Sumber: Buku Parenting Anak Usia Dini

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama