Menanamkan Nilai-Nilai Islam Pada Anak dengan Dongeng

Menanamkan Nilai-Nilai Islam Pada Anak dengan Dongeng Foto : Raisingchildren.net.au

Muslimahdaily - Pada zaman yang serba teknologi ini, tradisi mendongeng untuk anak sebelum tidur sudah mulai ditinggalkan. Dari usia dini, anak sudah dikenali dengan gadget –gadget terupdate, namun tidak dengan kisah-kisah nabi atau dongeng-dongeng rakyat. Padahal, tahukah bunda kalau dari membacakan dongeng untuk si buah hati, bunda dapat menanamkan nilai-nilai islam dan kehidupan bagi buah hati ?

Menurut Mochammad Awam Prakoso atau yang lebih dikenal dengan panggilan Kak Awam yang merupakan seorang pendongeng dan pemerhati anak Indonesia, Dongeng merupakan cara yang efektif untuk menasehati dan menambah wawasan buah hati. Sudah merupakan naluri manusia yang suka mendengarkan dan juga menceritakan dongeng, karena itulah anak akan merasa senang dan lebih mengerti bila dinasehati melalui dongeng. Tersedia banyak sekali variasi dongeng yang dapat bunda bacakan untuk buah hati, seperti dongeng-dongeng rakyat, fabel, pengalaman hidup bunda atau orang – orang sukses yang inspiratif, dan juga kisah –kisah nabi. Penanaman nilai-nilai islam sejak dini merupakan hal yang sangat penting. Dengan membacakan kisah-kisah nabi, anak akan belajar untuk meneladani nabi dan memahami nilai-nilai islam yang terkandung dalam kisah-kisah tersebut.

Membacakan dongeng untuk anak dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Namun, waktu yang dinilai paling efektif adalah sebelum anak tidur, waktu anak sedang merasa rileks. Karena pada saat itulah anak memasuki kondisi trance, kondisi di mana lebih mudah untuk menerima sugesti yang diberikan.

Pesan dari kak Awam untuk bunda, “Dongeng adalah kado terindah untuk buah hati, karena pesannya tertanam dalam hati, anak pun selalu menanti, maka jangan pernah berhenti, mendongenglah tanpa henti.”

Kalau bunda ingin lebih mengetahui mengenai dunia dongeng -mendongeng, bunda bisa berkunjung ke website www.kampungdongeng.com banyak kumpulan dongeng yang dapat dijadikan referensi untuk dibacakan pada buah hati malam ini, Selamat mendongeng, bunda!