Tips Mengatasi Stres Pada Anak Saat Libur Karena Corona

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Merebaknya virus corona di seluruh dunia menyebabkan beberapa negara mengeluarkan kebijakan untuk menutup sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah, tak terkecuali Indonesia. Dengan begitu anak akan belajar di rumah dan mengatur ulang kembali rutinitasnya.

Berubahnya rutinitas dan terpapar berita tentang COVID-19 setiap hari pastinya akan membuat orang stres dan kewalahan, tak terkecuali anak kecil.

Stres dan kecemasan dapat memicu gejala psikosomatis seperti sakit kepala, sakit perut, sakit leher dan punggung, dan lainnya. Hal ini secara negatif dapat mempegaruhi tidur, kekebalan tubuh, suasana hati, konsentrasi, dan hubungan.

Stres dan kecemasan juga dapat memiliki pola melingkar dalam keluarga. Ketika orangtua stres maka bisa berdampak pada anak-anak. Siklus ini juga dapat dimulai dari anak-anak dan naik ke orang tua. Bagaimanapun, keluarga perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi stres dan kecemasan selama masa sulit ini.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah stres pada anak karena berubahnya rutinitas, menurut Katie Hurley, LCSW seorang terapis anak dan dewasa dari Psychology Today:

Tetap Pada Rutinitas

Ketika waktu banyak dihabiskan di rumah, keluar dari rutinitas biasa mungkin akan sangat menggoda. Tapi cobalah untuk tetap pada jadwal normal agar anak tahu apa yang harus dilakukan di rumah.

• Terapkan waktu tidur yang sama. Karena jika anak sudah mengalami waktu tidur yang acak dan juga kurang tidur, hal ini bisa meningkatkan stres, gejala kecemasan, dan gejala depresi.

• Sempatkan waktu untuk tetap bisa menghirup udara segar dan berolahraga. Namun perlu diingat, hindari alat-alat permainan di tempat umum dan hindari kontak langsung dengan orang lain.

• Pastikan anak tetap memiliki waktu yang pasti untuk makan, saat-saat seperti ini juga bisa menjadi kesempatan ibu untuk memasak makanan yang sehat bagi sang anak.

• Dalam situasi seperti ini pasti akan ada penyesuaian waktu dalam beraktifitas, meskipun sepertinya sulit untuk mengikut jadwal saat sekolah, bunda bisa menambahkan beberapa waktu seperti waktu belajar, bermain, mengerjakan tugas dan lainnya. Hal ini nantinya akan membuat perasaan anak tetap nyaman.

Atur Waktu Pemakaian Gadget

Beberapa sekolah telah mengganti pertemuan tatap muka dengan online class. Hal ini memungkinkan anak akan lebih banyak menggunakan handpone atau laptop lebih dari biasanya. Namun ada baiknya orangtua tetap memberi batasan.

Bagi waktu pemakaian menjadi empat, untuk mengerjakan tugas sekolah, bersosialisasi, relaksasi dan menonton atau main games. Jangan biarkan anak berhadapan non-stop dengan gadget. Hindari gadget saat anak akan memasuki jam tidur.

Bermain Sebagai Terapi

Libur panjang pasti akan memunculkan rasa bosan. Bermain bisa menjadi salah satu solusinya, ini adalah salah satu metode terapi bagi anak-anak. Bermain akan membantu anak mengatasi perasaannya, menghadapi rintangan dan membuatnya tenang.

Ikutlah bermain dengan anak, agar ia tak merasa sendiri. Hal ini juga akan memperkuat ikatanmu dengan sang buah hati.

Dukung Tindakan Kebaikan

Saat seperti ini anak akan lama tak bertemu teman-temannya. Tak perlu khawatir, untuk mengatasi rasa rindu dan memberikan semangat pada teman-temannya, maka bunda bisa mengajak anak untuk menuliskan surat.

Biarkan anak berkreasi dengan suratnya dan menulis apa yang hendak ia tulis. Kegiatan ini akan membantu anak untuk mengungkapkan emosinya. Juga memberi kesempatan pada mereka untuk membahgiakan orang lain dan memperkuat koneksi mereka.

Relaksasi

Beberapa relaksasi sederhana dapat dilakukan di rumah oleh ibu dan anak, diantaranya adalah membuat jurnal (menggambar atau menulis), mewarnai, relaksasi otot progresif, bermain balon tiup, menari dengan lagu favorit atau bermain dengan busa sabun.

Banyak hal lainnya yang bisa membuat liburan dan masa-masa berdiam di rumah menjadi menyenangkan.

Tetap produktif dan jaga kesehatan keluarga ya bunda!

 

Last modified on Rabu, 18 Maret 2020 20:10

Leave a Comment