5 Tips Anti Stres Untuk Bunda Saat Temani Anak Belajar di Rumah

By March 23, 2020 0
ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Akibat virus corona, saat ini pemerintah Indonesia telah menghimbau warganya untuk melakukan aktifitas di rumah, sekolah maupun bekerja. Saat memulai untuk belajar di rumah, pasti akan ada banyak penyesuaian, baik bagi si anak maupun bunda sebagai pengganti guru di sekolah.

Sebagian orangtua mungkin akan kebingungan saat menghadapi situasi seperti ini, terlebih bagi mereka yang memiliki anak usia sekolah lebih dari satu dan semuanya memiliki tugas yang harus dikerjakan di rumah setiap harinya.

Namun, kali ini bunda tak perlu khawatir. Berikut 5 tips yang diberikan oleh Sarah Bradley, seorang ibu dari tiga anak yang telah menerapkan homeschooling pada ketiga anaknya selama beberapa tahun, dilansir dari laman Parents:

1. Waktu belajar

Sebagian besar keluarga yang menerapkan homeschooling tidak akan memaksa anaknya untuk duduk di kursi selama delapan jam penuh untuk belajar. Tidak ada aturan mengenai berapa lama waktu yang harus dihabiskan ketika belajar dirumah.

Tetapi Sarah Bradley menerapkan waktu belajar 20-30 menit untuk anaknya yang masih duduk di taman kanak-kanak dan jika naik satu kelas lagi maka akan ditambah 20-30 dari waktu yang pertama.

2. Buat lingkungan senyaman mungkin

Sekolah di rumah tidak sama dengan di sekolah. Jangan jadikan dirimu stres karena mencoba memindahkan suasana sekolah ke rumah. Bunda hanya perlu menerima kenyataan bahwa saat ini anak-anak akan belajar dengan cara yang baru ketika di rumah.

Tak jadi masalah apabila belajar sambil menggunakan baju tidur, di halaman belakang atau di atas tempat tidur jika dikira efektif. Belajar bisa dilakukan dimana saja, bahkan di meja makan sambil membantu bunda memasak. Belajar lewat Youtube, dan alam sekitar. Buat lingkungan nyaman dan anak senang untuk belajar.

3. Rutinitas yang menyenangkan

Jika bunda sering mengeluhkan kurangnya waktu istirahat dan bermain si kecil karena jadwal sekolahnya yang padat, maka ini adalah kesempatan baik untuk memperbaikinya. Jika bunda memberikan waktu 30 menit untuk si anak belajar dengan sungguh-sungguh, maka berikan anak-anak dua kali lebih banyak waktu untuk mengeksplor dirinya.

Mulai dari bermain lego, mewarnai, bermain kartu, menonton tv, berlarian di taman dan aktifitas bermain lainnya. Bahkan bunda juga bisa melatih keterampilan mereka lewat aplikasi di gadget yang bisa membuat belajar lebih asyik. Tentunya dengan tetap pada pengawasan.

Atur jadwal bermain, belajar, mengeksplorasi diri, berlatih, membuat sesuatu kemudian jam istirahat. Karena anak pasti membutuhkannya tak terkecuali bunda.

4. Hitung kualitas, bukan kuantitas

Jika ada dua kasus, ibu pertama menghabiskan waktu 10 menit untuk mengajarkan anaknya pelajaran matematika dan pada akhirnya hanya bisa menyelesaikan 5 soal. Ibu kedua, menghabiskan waktu 45 menit sambil memarahi anaknya dan pada akhirnya hanya bisa menyelesaikan 25 soal sampai ibu dan anak menangis karena frustasi dan stres. Lalu anak mana yang memiliki pengalaman belajar yang lebih bermakna?

Tentunya adalah ibu dan anak yang pertama, meskipun mungkin si anak kurang berprestasi, namun, ia mendapatkan perhatian penuh dari ibunya selama 10 menit tersebut. Sang ibu memberikan kesempatan dan fokusnya pada anak untuk bertanya, memperbaiki kesalahan dan merasa senang dengan keterampilannya.

Hal ini mungkin sulit untuk diterapkan, tetapi cobalah untuk tidak melihat seberapa banyak yang telah dikerjakan anak, tapi fokus pada berapa menit yang telah bunda habiskan untuk hadir secara penuh dan sefrekuensi dengan si anak.

5. Turunkan ekspektasi

Bunda pasti memiliki harapan akan keberhasilan anak ketika belajar di rumah. Tapi percayalah, bahkan orangtua yang telah melakukan homeschooling selama bertahun-tahun saja masih terus berjuang untuk menemukan ritme yang sesuai setiap tahunnya. Merencanakn ulang, menyusun strategi, begitu seterusnya.

Tetaplah tenang jika harapan itu tak tercapai dengan baik, perbaiki jika ada yang salah. Tapi selebihnya, cobalah untuk lebih banyak bersenang-senang dengan anak di masa ini. Buatlah rumah menjadi tempat yang aman dan bahagia bagi anak dan juga ayah bunda tentunya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat bunda!

 

Last modified on Monday, 23 March 2020 22:59

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama