Mengajarkan Anak Bersikap Ramah dengan Cara Sederhana Ini

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Mendidik anak untuk selalu bersikap ramah perlu dilatih sejak dini. Dengan mendidiknya untuk selalu bersikap ramah, dapat membantunya untuk berani bertemu dengan orang banyak. Perlu diketahui, banyak di antara mereka yang malu bahkan takut bertemu orang-orang baru di luar sana.

Berikut cara yang dapat dilakukan agar si kecil selalu bersikap ramah:

Ajarkan cara menyapa

Beritahu bagaimana cara yang benar untuk mengucapkan salam kepada orang yang ditemuinya. Baik ucapan sopan santun kepada yang lebih tua atau bahkan dengan teman sebaya. Dengan hal ini, anak menjadi tahu bahwa bersikap ramah juga turut diikuti dengan sikap sopan santun.

Ingatkan untuk murah senyum

Ajarkan anak untuk selalu menebar senyum dengan orang yang ditemuinya. Beritahu kepada anak bahwa dengan tersenyum akan menandakannya memiliki sikap rumah. Sebagai orang tua perlu membiasakan untuk selalu senyum kepadanya, agar sang anak dapat menerapkannya jika bertemu orang baru di luar sana.

Ajarkan cara memberikan salam

Praktikan cara memberikan salam yang benar pada anak. Beritahu mereka dengan memberikan salam kepada orang yang baru ditemui akan menunjukkan kita menghargai orang tersebut. Dengan sendirinya mereka akan mengerti dan melakukan apapun hal baik yang orang tua ajarkan.

Ajarkan untuk menerima tamu

Saat kerabat bertamu ke rumah, ada baiknya perlihatkan cara menyambut atau memberi salam dengan ramah kepada tamu di depan anak. Dengan sendirinya mereka akan terlatih untuk menerima tamu, jika sewaktu-waktu kamu sebagai orang tua sedang tidak ada di rumah.

Berikan apresiasi atas sikap ramah yang telah dilakukan

Saat mereka mulai menerapkan sikap ramah, ada baiknya sebagai orang tua perlu memberikan apresiasi kepada mereka yang sudah bersikap rumah. Berilah hadiah kecil kepada mereka, dengan begitu kamu sebagai orang tua akan menghargai atas sikap anak yang mau mendengar didikannya. Dengan memberikan mereka hadiah, membuat mereka lebih termotivasi untuk selalu berbuat kebaikan.

Leave a Comment