Apakah Wanita Perlu Berpendidikan Tinggi ?

Muslimahdaily - Pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi kehidupan manusia. Namun, masih banyak pemikiran masyarakat awam bahwa wanita tidak perlu terlalu aktif menuntut ilmu, karena akhirnya ia hanya akan mengurusi rumah keluarga dan anak-anak. Asumsi tersebut tidak sepenuhnya salah, karena memang tugas utama seorang wanita nantinya adalah menjadi istri dan ibu  bagi anak-anaknya.

Walaupun begitu, bukan berarti para wanita tidak perlu memiliki pendidikan yang tinggi. Saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu, Hj. Syifa Fauzia, M.Art Wakil Rektor Universitas Islam As Syafiiyah menuturkan kepada Muslimahdaily, menurutnya seorang ibu harus berpendidikan tinggi, karena ilmu tersebut dapat digunakan untuk mengajarkan anak-anaknya, baik mengajarkan nilai moral, nilai agama, dan nilai kehidupan lainnya.

Asumsi lainnya yang berkembang mengenai ibu yang berpendidikan tinggi adalah kurangnya tanggung jawab mereka terhadap anak-anaknya dan lebih mementingkan menuntut ilmu.  

Menurut Hj. Syifa Fauzia, M.Art, yang juga merupakan ketua dari Hijabers Community Jakarta, hal itu merupakan pilihan, tergantung dengan nilai moral dan akhlak yang dipegangnya. Jika seorang ibu dapat menetapkan prioritas dan mengetahui tugas utamanya, maka  persoalan tersebut tidak akan jadi masalah baginya.

Dengan begitu, sudah tidak ada alasan lagi bagi para ibu dan  calon ibu untuk tidak menuntut ilmu setinggi-tingginya. Bukankah membesarkan anak yang cerdas dan berakhlak mulia merupakan impian setiap ibu?

Last modified on Rabu, 20 Januari 2016 03:38

Leave a Comment