11 Kegiatan Sederhana Untuk Menanamkan Kebaikan Sejak Dini Pada Anak

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Ayah bunda mungkin banyak sekali melakukan kebaiakan di luar sana. Seperti tersenyum pada tetangga, mengirim pesan semangat pada teman, memberikan makanan pada yang membutuhkan dan kebaikan lainnya. Namun, seberapa banyak kebaikan tersebut ditunjukkan pada si anak?

Padahal seperti kita tahu, anak adalah peniru ulung. Apapun yang mereka lihat akan mereka cerna dan tiru. Bahkan perkataan kecil yang tak sengaja terlontar, anak bisa ingat dan menyebutkannya kembali.

Oleh karena itu, semakin banyak perbuatan baik yang ayah dan bunda lakukan di depan anak-anak, maka mereka akan semakin memperhatikan dan mulai mencontoh perilaku tersebut. Akan lebih baik jika ayah dan bunda ikut melibatkan mereka, agar semakin membekas sampai mereka dewasa kelak.

Berikut 11 kegiatan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengajarkan makna kebaikan pada anak, dilansir dari laman Parents.

1. Mengirim kartu ucapan atau pesan singkat pada teman

Cara ini bisa dilakukan untuk mencontohkan anak bahwa ia harus mendukung temannya saat sedang salam masa-masa sulit atau hanya sekedar mengetahui kabarnya dan mengungkapkan kasih sayang persahabatan. Bantu si kecil untuk menghias kartunya dan minta mereka untuk menandatangani dengan nama mereka.

2. Membahagiakan sesama dengan hal sederhana

Salah satu contoh yang bisa diberikan pada anak adalah saat mengantri di sebuah pusat perbelanjaan. Ketika ada anak kecil yang menangis merasa bosan karena menunggu antrian, cobalah belikan makanan ringan kemudian berikan padanya. Ketika si anak melihat sikap ibu, ia akan mencontoh kemurahan hatimu dan mengalihkan rasa ketidaksabarannya.

3. Menahan pintu untuk seseorang

Hal ini terbilang sangat-sangat sederhana. Saat di tempat umum, kamu bisa menahan pintu sejenah untuk siapapun yang ada di belakangmu dan mempersilahkan ia untuk keluar atau masuk duluan. Terlebih jika ada lansia dan juga orang yang sedang kerepotan. Ketika bunda melakukannya di depan anak, ia akan belajar untuk berempati dan mendahulukan orang lain yang lebih membutuhkan.

4. Masukkan uang receh ke dalam toples

Bunda bisa meminta anak untuk memasukkan uang receh dari kembalian jajan atau belanja apapun pada satu buah toples. Beritahukan padanya bahwa uang tersebut akan diberikan pada mereka yang kurang mampu sekaligus membeli sesuatu yang mereka inginkan.

5. Menyapa orang yang dikenal saat bertemu di jalan atau tempat umum

Perilaku ini akan mengajarkan anak sikap ramah tamah dan sopan santun. Terlebih saat bertemu dengan orang yang lebih tua kemudian kita menyapanya terlebih dahulu. Ini adalah kebaikan yang akan ia lihat dan tiru di masa depan.

6. Donasi buku-buku dan mainan lama untuk mereka yang membutuhkan

Lewat perilaku ini bunda bisa jelaskan makna berbagi dengan cara yang sederhana pada anak. Selain itu, anak juga akan belajar merasakan keprihatinan orang lain yang kurang mampu dan dia bisa membahagiakan anak-anak lain dengan mainan dan barang-barangnya yang sudah tak terpakai.

7. Membuat kue untuk guru-guru di sekolah

Salah satu sikap kasih sayang yang bisa dicontohkan pada anak adalah dengan berbagi kebahagiaan. Bunda bisa melibatkan anak-anak dalam proses memanggang, kemudian mintalah mereka mengantarkan kue bersama. Nantinya anak akan melihat kegembiraan dari wajah guru-gurunya yang akan terus terkenang sampai kapanpun.

8. Menawarkan bantuan pada orang sekitar

Saat bunda melihat tetangga yang kesusahan seperti membawa barang-barang besar untuk masuk ke rumah, maka cobalah untuk membantunya. Tunjukkan di depan anak agar menjadi contoh yang baik di kemudian hari bagi mereka.

9. Ucapan terima kasih

Meluangkan waktu untuk berterima kasih kepada pembantu, seperti penjaga sekolah atau penjaga lalu lintas, dapat mengingatkan anak untuk memperhatikan orang-orang di sekitar mereka. Bahwa ucapan sederhana tersebut bisa membawa dampak besar bagi mereka yang menerimanya.

10. Tunjukkan perhatian yang tulus

Saat anak sedang membutuhkan kehadiran bunda, maka hadirlah sepenuhnya. Tatap matanya, ajukan pertanyaan yang penuh dengan wawasam dan dengarkan mereka dengan sungguh-sungguh. Hal ini akan dicontoh anak saat ia bertemu dengan teman baru nanati bagaimana caranya membuat koneksi dengan orang baru.

11. Berbagi makanan kepada sesama teman

Bunda bisa membiasakan anak untuk berbagi meskipun hanya sedikit. Misal, bunda sengaja membawakan bekal sedikit berlebih dan meminta si kecil untuk berbagi dengan temannya di sekolah. Hal ini akan menumbuhkan sikap murah hati dan membangun persahabatan.

Sekian, selamat mencoba ayah bunda.

 

Leave a Comment