Lakukan 5 Hal Ini Agar Anak Tak Rewel Saat Shalat Idul Fitri di Rumah

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Suasana Idul Fitri tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk malaksanakan shalat Ied di rumah karena situasi wabah pandemi corona. Namun, bunda tetap perlu mempersiapkan diri dan juga keluarga untuk shalat Ied di rumah.

Meskipun di rumah, tak ada salahnya apabila bunda mengajak si kecil untuk Shalat Idul Fitri bersama. Mengajak anak untuk shalat bersama sejak dini dapat mengajarkan ia tentang pentingnya melakukan kebaikan dan ibadah kepada Allah.

Untuk mengajak si kecil, bunda tentu butuh persiapan lebih apalagi jika anak seringkali rewel atau menangis saat anggota keluarga lainnya sedang shalat. Tak perlu khawatir, berikut tips yang bisa bunda lakukan agar anak tak rewel saat Sholat Idul Fitri berjamaah, dilansir dari laman Mommy Asia:

1. Berikan Pemahaman Pada Anak

Berikan pengertian dan pemahaman kepada anak tentang Shalat Idul Fitri. Mengenai hal yang tidak boleh dilakukan, seperti tidak boleh lari-larian hingga menangis. Saat si kecil menangis, bunda bisa menenangkannya dengan memeluk dan tanyakan apa yang ia inginkan. Hindari memarahi anak saat sedang rewel ya bun.

2. Pastikan Anak Cukup Tidur dan Kenyang

Pastikan si kecil sudah tidur dengan cukup di malam hari sebelum Shalat Idul Fitri. Pastikan juga ia sudah kenyang sebelum melaksanakan shalat Ied.

3. Gunakan Baju yang Nyaman Untuk Anak

Meskipun shalat Ied di rumah, lebih baik anak menggunakan pakaian yang nyaman dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Dengan begitu anak bisa beraktifitas dengan nyaman dan tak rewel karena kepanasan. Biasanya ia juga akan lebih tenang.

4. Menyediakan Camilan dan Mainan Favoritnya

Bunda juga bisa menyediakan camilan dan mainan favorit di sebelah anak. Anak akan 'sibuk' dengan camilan dan mainannya dan tidak akan tertarik untuk pergi kemana-mana. Sehingga bunda bisa malaksanakan Shalat Idul Fitri dengan tenang. Kenyamanan merupakan poin penting agar anak tidak rewel.

5. Berikan Pujian

Setelah shalat Ied, bunda melihat si kecil bisa ikut shalat sampai selesai dan tidak rewel, maka jangan lupa untuk memberikan apresiasi berupa pujian. Meskipun sederhana, hal tersebut bisa membuat anak menjadi senang dan bangga pada dirinya. Nantinya, ia akan berusaha untuk mematuhi aturan bunda selanjutnya.

Menurut Ratih Zulhaqqi, SPsi, MPsi, Psikolog Anak dari Universitas Indonesia, shalat merupakan aktifitas positif yang bisa dicontohkan bunda pada si kecil. Ia juga menyarankan untuk mengajak anak yang sudah bisa diberikan pengertian sehingga tidak menggangu jalannya shalat.

Mengajak anak untuk Shalat Idul Fitri memang membutuhkan persiapan yang lebih. Semoga 4 tips di atas bisa membantu ya bunda.

Selamat lebaran bersama keluarga!

 

Last modified on Kamis, 14 Mei 2020 21:10