3 Cara Atasi Kejenuhan Anak di Masa Sekolah Online

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Di era new normal ini, sudah banyak masyarakat yang mulai melakukan aktivitas di luar ruangan. Tentu dengan berbagai protokol kesehatan yang berlaku. Namun, masih banyak juga kegiatan yang tertunda dan harus dilakukan di rumah, seperti sekolah dan kuliah online.

Kegiatan sekolah online tentu membuat anak-anak menjadi bosan, mereka tak bisa berinteraksi secara langsung dengan teman-teman dan gurunya. Banyak dari mereka yangs sudah mulai mengeluh dan malas untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar daring.

Jika terlalu lama, hal ini bisa menimbulkan cabin fever, yaitu perasaan bosan, sedih, dan gelisah karena sudah terlalu lama terisolasi di dalam rumah.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut 3 kegiatan yang bisa bunda lakukan di rumah Bersama si kecil untuk mengusir rasa bosan di tengah sekolah online, dilansir dari laman Alodokter:

1. Berkreasi Lewat Seni

Menggambar atau mewarnai bisa menjadi pilihan kegiatan bunda bersama si kecil untuk mengurangi kejenuhan. Biarkan anak melakukan kreasi dengan warna-warna dan menggambar apa yang mereka mau.

Media yang bisa digunakan tak terbatas hanya kertas saja, bunda bisa menggunakan kanvas bahkan baju polos. Tentunya hal ini bisa melatih imajinasi dan kreatifitas anak.

Selain menggambar, bermain musik, bernyanyi, dan menari juga bisa dijadikan kegiatan yang menyenangkan. Ketiga aktivitas ini bisa melatih motorik serta koordinasi antara mata dan tangan si kecil.

2. Memasak dan Mencoba Resep Baru

Memasak bisa menjadi momen penghilang jenuh dengan anak dan melatih mereka mengenal berbagai jenis masakan.

Dengan mencoba resep baru, anak bisa berekreasi sepuasnya dan merasakan membuat makanan yang mereka suka.

Hal kecil ini bisa menimbulkan rasa penasaran dan kecintaan anak terhadap memasak. Jangan lupa untuk selalu memastikan bahan-bahan yang aman untuk si kecil ya bunda.

3. Olahraga Bersama

Olahraga nyatanya tak hanya untuk sehat, tetapi bisa menjadi salah satu metode penghilang jenuh.

Bunda bisa memulai dengan jalan pagi, bersepeda atau sekedar senam santai di taman dan berjemur bersama si kecil.

Cukup dengan 10-15 menit, anak akan menjadi lebih sehat karena badan terasa bugar dan memperkuat daya tahan tubuh. Tentunya ketika hal ini sudah dijalankan rutin maka si kecil juga akan terbiasa untuk menjalankannya dengan mudah dan menyenangkan.

Semoga bermanfaat ya bunda.

 

Leave a Comment