Bunda, Hindari Hal Ini Saat Masa Golden Age Anak

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Pada tahap awal perkembangan anak, yaitu usia 0 sampai 3 tahun sering disebut dengan masa golden age atau masa kritis. Perkembangan otak manusia 80% terjadi di tahap ini, Perkembangan jumlah sel-sel yang tidak cukup pada masa ini akan menyebabkan kekurangan sel-sel yang bersifat permanen. Melihat pentingnya tahapan perkembangan pada masa ini, agar perkembangan anak tidak terganggu, ada beberapa hal yang harus dihindari orangtua, yaitu:

1. Tidak memenuhi kebutuhan nutrisi anak

Menurut Dokter Rizal Idrus, pada masa ini makanan menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan orangtua. Selama 6 bulan pertama, anak wajib diberikan ASI secara eksklusif. Umur 4-6 bulan merupakan masa transisi anak dapat diberikan makanan padat, seperti sereal. Umur 6 – 8 bulan, anak dapat mulai diberikan buah-buahan dan sayur-sayuran sederhana. Pada saat usia anak di atas satu tahun, anak sudah boleh diberikan berbagai variasi makanan, seperti roti, nasi, dan produk susu.

2. Berbicara dengan kata-kata negatif di depan anak

Pada masa golden age, anak akan menyerap apa saja yang dilihat, didengar, dicium, dirasakan dan disentuh dari lingkungan sekitar mereka. Kata-kata negatif seperti “jangan”, “tidak boleh”, “kamu bodoh” akan dengan mudah masuk ke alam bawah sadar anak, mengendap dan terefleksi dalam karakternya nanti. Hal ini akan membuat anak menjadi penakut, kehilangan kreativitas dan tidak dapat mengembangkan dirinya.

3. Over-protective

Anak perlu diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Semakin banyak yang dipelajari anak dari lingkungan, maka akan semakin banyak pula hubungan antar saraf (sinapsis) yang terbentuk di otak anak. Jangan terlalu membatasi anak dalam mengeksplorasi anak. Orangtua seharusnya bisa menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak. Terlalu protektif akan menghambat terhadap perkembangan kecerdasan anak.

4. Memaksa anak menggunakan otak kirinya

Pada masa golden age, jangan terlalu membebani anak dengan hal-hal yang bersifat kognitif. Memaksa anak berhitung atau memaksa anak untuk kursus bahasa merupakan perkembangan otak kiri. Perkembangan otak kiri terjadi biasanya setelah anak berusia di atas 3 tahun. Dalam periode golden age ini, perkembangan pesat yang terjadi adalah pada fungsi otak kanan. Periode anak dibawah 3 tahun merupakan periode yang paling kaya dalam perkembangan otak kanan anak. Jika kita bisa melakukan stimulasi yang tepat pada periode ini,  anak akan mempunyai memori yang kuat, kreatif dan berimajinasi tinggi. Stimulasi yang dilakukan sebaiknya yang mengoptimalkan perkembangan otak kanan anak untuk mempersiapkan perkembangan otak kiri pada tahapan selanjutnya.

Selain menghindari hal-hal yang disebutkan sebelumnya, orangtua perlu meluangkan waktu bersama anak. Orangtua sangat berperan penting dalam perkembangan golden age anak. Hal-hal kecil dan sederhana yang dilakukan dapat berefek besar terhadap masa depan anak.

Leave a Comment