Membangunkan Anak Sahur dengan Cara yang Menyenangkan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Membangunkan anak untuk sahur menjadi tantangan bagi para orangtua setiap memasuki bulan Ramadan. Perubahan waktu bangun tidur yang berubah drastis menjadi salah satu penyebab sulitnya membangunkan anak di waktu sahur.  Mereka harus bangun pada jam-jam yang biasanya mereka masih tertidur lelap. Namun, bukan berarti bunda langsung menyerah begitu saja untuk membangunkan anak sahur dan gagal  mengajarkan berpuasa Ramadan pada buah hati.

Bunda hanya perlu tahu beberapa trik-trik menyenangkan yang bisa bunda coba praktikkan agar membangunkan anak menjadi lebih mudah, berikut trik-triknya:

1.Menyediakan menu kesukaannya

Agar anak mudah dibangunkan sahur, bunda harus tahu cara membangkitkan semangatnya. Salah satu caranya bisa dengan menghidangkan menu kesukaannya. Banyak anak yang malas bangun sahur dikarenakan ia tidak tertarik dengan makanan-makanan yang dihidangkan ketika sahur. Ia akan memilih tidur dibandingkan menyantap makanannya. Dengan menghidangkan makanan kesukaannya, anak akan lebih semangat  dan mau untuk makan pada waktu sahur.

2.Beri bocoran menu makanan sahur

Jika bunda sudah berniat untuk menyiapkan menu sahur dengan makanan kesukaan si buah hati, jangan lupa untuk memberitahunya sebelum tidur. Dengan begitu anak akan lebih menanti datangnya waktu sahur.  

3.Dongeng bersambung

Jika dengan membocorkan menu makanan sahur, anak masih sulit untuk dibangunkan. Bunda bisa menggunakan cara dongeng bersambung. Jika bunda biasa mendongengkan anak sebelum tidur, maka bunda bisa lakukan hal yang sama juga pada bulan Ramadan. Namun bedanya, jangan langsung menyelesaikan dongengnya pada malam itu. Pancing rasa penasaran anak dengan tidak menceritakan akhir dari dongeng tersebut dan berjanji untuk menceritakan kelanjutannya setelah sahur. Jika ia tidak bangun pada waktu sahur, maka ia tidak akan bisa mendengar kelanjutan dari dongeng tersebut.

4.Ubah nada alarm

Ubah nada alarm yang biasa dengan nada-nada unik, misalnya dengan suara-suara hewan atau bisa juga dengan lagu soundtrack film kartun kesukaannya. Selain itu, menyetel TV dengan volume yang keras atau suara-suara yang keras lainnnya juga dapat menjadi alternatif untuk membangungkan anak.

5.Beri reward

Pemberian reward atau hadiah memang trik jitu untuk menanamkan kebiasaan pada anak. Reward atau hadiah juga bisa menjadi semangat bagi anak untuk bangun sahur. Bisa dengan membuat rapot mingguan selama bulan Ramadan yang akan diberi bintang jika ia bangun pada waktu sahur.  Tetapkan hadiah yang akan anak peroleh pada setiap minggu jika ia berhasil memenuhi bintangnya.

Kenalkan sang buah hati sedini mungkin dengan ibadah-ibadah yang sederhana. Buat cara menyenangkan agar anak tidak merasa terpaksa. Melalui pembiasaan disertai edukasi, anak akan mulai mengerti dan taat terhadap ibadah dalam Islam.