Begini Manfaat Ikut Lomba 17 Agustus bagi Tumbuh Kembang Anak

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia antusias merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Untuk memeriahkan suasana kemerdekaan, biasanya masyarakat menyelenggarakan beberapa perlombaan. 

Kegiatan ini tentu menjadi momen yang tepat untuk para orang tua mengenalkan rasa nasionalisme sejak dini kepada anak-anak mereka. Tak hanya itu, terdapat beberapa manfaat bagi tumbuh kembang anak dalam acara lomba 17-an. Dikutip dari Klikdokter.com, berikut beberapa manfaatnya:

Anak Mendapat Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari mengandung vitamin D. Seperti diketahui, vitamin D baik untuk proses tumbuh kembang anak seperti pertumbuhan tulang dan meningkatkan imunitas. 

Biasanya lomba 17 Agutus dilakukan di ruangan terbuka seperti lapangan. Dengan mengajak anak untuk ikut partisipasi dalam lomba 17 Agustus tentu anak akan terkena paparan sinar matahari yang bermanfaat bagi tubuhnya.

Olahraga

Berbagai jenis perlombaan 17 Agustus, seperti estafet bendera, balap karung dan tarik tambang, dapat menjadi sarana anak untuk melatih kebugaran tubuhnya. Tubuh anak menjadi aktif bergerak saat mengikuti perlombaan sehingga mengelurkan keringat.

Bukan cuma itu, dengan euforia lomba 17 Agustus anak akan lebih mudah saat diajak berolahraga bersama di kemudian hari.

Membantu stimulasi kecerdasan dan motorik Si Kecil

Berbagai perlombaan saat 17 Agustus, seperti membawa kelereng dengan sendok dapat membantu anak menstimulasi kecerdasan otak. Berbagai perlombaan juga membantu koordinasi motorik mata, tangan, dan kaki anak. Semakin sering distimulasi, anak akan semakin cepat memiliki kecerdasan yang optimal.

Sosialisasi

Acara lomba 17 Agustus tentunya dihadiri oleh banyak orang. Anak-anak perlu diajarkan untuk sosialisasi dengan lingkungannya. 

Dengan mengikuti lomba 17 Agustus bisa menjadi salah satu wadah untuk bersosialisasi. Acara lomba 17 Agustus juga dapat membantu anak belajar bagaimana cara menghargai pendapat orang lain.