Seberapa Pentingkah Arti Sebuah Nama Untuk Anak ?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Banyak yang mengatakan, ‘Apalah arti sebuah nama’. Mereka menganggap bahwa nama hanyalah sebutir identitas dari seseorang sehingga pemilihan nama untuk buah hatinya pun dianggap tidak terlalu penting. Namun ternyata nama memiliki pengaruh yang sangat luar biasa besar terhadap kehidupan seseorang. Seberapa pentingkah sebuah nama bagi kehidupan seseorang?

Secara psikologis seorang anak terpengaruh dengan nama dan panggilan yang diberikan kepadanya. Nama yang baik akan memiliki pengaruh besar bagi psikologis pemilik nama tersebut. Ketika seseorang dipanggil dengan suatu nama, maka ia akan terdorong untuk menyesuaikan dirinya seperti dengan makna nama yang dimilikinya, bahkan orang itu akan berusaha menjadi wujud nyata dari nama tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh para pakar di Universitas Northwestern, Illinois Amerika menunjukkan bahwa ternyata memiliki nama yang baik dan indah tidak hanya akan meningkatkan rasa percaya diri bagi pemiliknya saja, tetapi juga akan menimbulkan kesan positif dari orang lain terhadap dirinya.

David Figlio, ketua tim peneliti tersebut mengatakan, “Nama seperti sebuah kartu nama, yang memperkenalkan dan mengekspresikan karakter kita. Suara dan arti sebuah nama memiliki pengaruh langsung pada perilaku dan penilaian orang lain kepada kita.”

Nama dalam kehidupan sehari-hari merupakan alat pengenal, namun ternyata nama juga memiliki peranan penting pada hari kiamat, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya sebagai berikut.

“Sesungguhnya kalian pada hari kiamat akan dipanggil dengan nama-nama kalian dan nama-nama bapak kalian, maka baguskanlah nama-nama kalian.” (HR. Muslim).

Melihat pentingnya pemberian nama yang baik untuk si buah hati, pilihlah nama-nama Islami yang memiliki arti yang baik, karakter yang bunda inginkan tertanam dalam diri anak. Meski nama yang baik tidak selalu berbanding lurus dengan kenyataannya, namun nama tetap memiliki pengaruh dalam pembentukan karakter si buah hati.

Leave a Comment