5 Ciri-Ciri Anak Yang Mengalami Kekerasan

5 Ciri-Ciri Anak Yang Mengalami Kekerasan Ilustrasi

Muslimahdaily - Dunia anak-anak kembali berduka,  setelah  tahun lalu tepatnya 2014 munculnya kasus kekerasan seksual yang terjadi pada korban anak yang berinisial AK, dilanjutkan munculnya kasus Emon di Sukabumi. Kini kabar duka yang sedang menjadi pehatian adalah mencuatnya kasus Angeline yang menjadi korban Kids Abuse atau kekerasan pada anak  hingga korban meninggal. Kasus kekerasan anak  memang menjadi pukulan terberat dan pelajaran bagi orang tua, adapun orang tua dapat mengenali ciri-ciri anak yang mengalami kekerasan sebagai berikut: 

1. Perubahan perilaku

Orang tua harus peka apa yang terjadi dengan anak, terutama dengan perilaku anak.  Jika biasanya anak dikenal sebagai anak yang periang, namun tanpa ada penyebab anak memperlihatkan perubahan perilaku terlihat menjadi pemurung, tertutup, mogok makan, nangis secara terus menerus dan takut dengan penyebab yang tidak jelas. Maka orang tua harus mewaspadai dan mencari tahu dengan detail apa penyebab anak mengalami perubahan perilaku kemudian tanyakan dari hati pada anak apa yang sedang Ia alami.

2. Terjadi luka-luka ringan/berat

Ketika anak pulang sekolah maupun keluar dari rumah, dan mengeluhkan dan terlihat luka atau ada bekas goresan terutama daerah yang sensitif, sulit buang air, maka orang tua juga harus segara mengambil tindakan dan segera mencari tahu penyebab terjadinya luka tersebut.

3. Sulit tidur 

Jika anak mengalami sulit tidur, mengompol  hingga mengigau sepanjang malam diiringi menyebut nama atau sesuatu yang aneh dan asing, maka tugas orang tua mencurigai dan mencari tahu kenapa anak menyebut nama atau sesuatu yang asing yang biasanya tidak pernah Ia ucap.

4. Mogok/ takut sekolah

Apabila terjadinya kekerasan pada anak di sekolah, dan anak mengalami yang syndrome takut sekolah beserta takut dengan orang yang berada di sekolah seperti guru, teman-teman, kaka senior dan petugas sekolah secara tiba-tiba tiba-tiba, sikap orang tua segera mendatangi sekolah dan tanyakan keluhan yang terjadi pada si anak

5. Perubahan Penampilan

Anak terlihat kotor, rambut berantakan, bagian baju dan celana mengalami robek. Maka Orang tua wajib komunikasikan kepada anak apa yang terjadi pada anak.

So, be aware Mom & Dad.  #JanganDiam apabila anak atau salah satu anggota keluarga terlihat ciri-ciri diatas.  Stop Kids Abuse! 

Last modified on Selasa, 10 November 2015 10:46