Liburan Murah Tanpa Menguras Kantong

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Abdah/Muslimahdaily.com )

Muslimahdaily - Semua orang tentu punya rencana dan keinginan untuk pergi berlibur atau traveling. Sayangnya tak semua orang memiliki dana lebih untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut. Sehingga sering kali banyak orang memilih untuk menghabiskan waktu berlibur di rumah. Hal ini tentu saja sangat mengecewakan, terutama bagi anak-anak yang telah mengidam-idamkan momen liburan. Acapkali putra-putri Anda telah mengimpikan destinasi wisata yang akan dikunjungi saat libur tiba.

Biaya yang mahal menjadi faktor utama batalnya rencana liburan yang telah dirancang. Padahal ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menekan biaya liburan. Beberapa tips di bawah ini akan membantu Anda merencanakan liburan dengan biaya pas-pasan, yaitu.

1.Gunakan trik untuk memesan tiket

Tak banyak yang tahu bahwa memesan tiket pesawat di hari Selasa jauh lebih murah daripada hari lainnya. Memesan tiket dari jauh-jauh hari pun akan membantu Anda menekan pengeluaran pada akomodasi. Biasanya tiket yang dipesan sebulan atau dua bulan sebelum liburan akan menghemat uang hingga 35%. Selain itu, Anda yang pergi secara rombongan pun akan menekan biaya liburan secara keseluruhan. Hanya saja sebaiknya pemesanan tiket dilakukan secara sendiri-sendiri agar mendapatkan harga promo. Di samping itu, jangan malas membandingkan harga dari beberapa situs online, seperti PegiPegi, Traveloka ataupun Tiket.

2.Menginap di tempat saudara atau teman

Menginap di hotel tentu memakan biaya yang tidak sedikit, bahkan sangatlah mahal. Guna menyiasatinya, cobalah meminta izin menginap di rumah saudara atau teman. Dengan begini, uang yang harusnya Anda gunakan untuk sewa hotel bisa disimpan. Jika tempat yang Anda tuju terbilang baru, sebaiknya manfaatkan rumah penduduk lokal. Ada beberapa orang di area wisata yang biasanya menyewakan rumah mereka untuk para tamu. Harganya tentu saja jauh lebih murah daripada menginap di hotel.

3.Ambil paket liburan

Tak semua paket wisata memang dipatok dengan harga yang tinggi. Belakangan ini, banyak agen travel yang menawarkan paket wisata dengan harga yang miring. Contohnya saja liburan ke kepulauan Seribu yang dipatok dengan biaya kurang dari Rp 1 juta. Paket wisata tersebut sudah mencakup akomodasi, transportasi hingga destinasi wisata yang dituju. Sehingga Anda tak perlu bingung-bingung atau pusing menyusun itineri. Mengambil paket wisata semacam ini juga menghilangkan biaya tour guide yang harusnya Anda bayarkan.

4.Berlibur di hari biasa

Sulit memang memutuskan berlibur di hari biasa, karena waktu kerja yang mengikat. Tapi tahukah Anda kalau biaya berlibur di hari biasa jauh lebih terjangkau? Beberapa tempat wisata tentu mematok harga tinggi di musim liburan maupun akhir pekan, sedangkan di hari biasa mereka memberikan harga normal. Begitu pula dengan penginapan dan transportasi yang digunakan, ada perbedaan harga yang lumayan mencolok. Oleh karena itu, tak ada salahnya mengambil cuti untuk sekedar liburan di hari biasa.

5.Pergilah bersama rombongan

Anda mungkin tak ingin berlibur secara rombongan, tapi cara ini wajib Anda lakukan untuk menekan biaya berlibur. Mengajak beberapa teman, anggota keluarga ataupun kerabat bisa mengurangi biaya yang Anda keluarkan. Contohnya saja biaya sewa kamar yang bisa dibagi rata, biaya akomodasi yang lebih murah, serta biaya masuk tempat wisata. Banyak tempat wisata yang sengaja memberikan potongan harga untuk para rombongan dengan jumlah tertentu. Cobalah untuk memanfaatkan hal tersebut guna berlibur murah.

Leave a Comment