7 Tips Mudik Aman dengan Kendaraan Pribadi

Muslimahdaily - Lebaran sebentar lagi. Ruas jalan yang sering dijadikan jalur mudik pun sudah mulai ramai dengan kendaraan roda empat maupun roda dua yang menuju daerahnya masing-masing. Apakah kamu akan mudik juga di lebaran kali ini? Jika ya, berikut ini ada tips mudik aman dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil maupun sepeda motor yang bisa kamu perhatikan.

1.Yang pertama adalah siapkan diri terlebih dahulu secara fisik dan psikologis. Meski banyak yang meremehkan hal ini, namun saat berkendara kamu dituntut untuk menjadi pengendara yang awas, siaga dan cermat serta menghormati pengguna jalan lainnya. Dengan begini perjalanan mudik pun akan terasa lebih nyaman dan aman. Jangan paksakan diri untuk tetap berangkat saat merasa badan sedang kurang fit maupun saat mood sedang tidak baik.

2.Periksa kesiapan mobil maupun sepeda motor kamu. Cek kelengkapan berkas dan surat-surat, lalu cek juga kesiapan kendaraan kamu sebelum dibawa dalam perjalanan jauh. Yang paling perlu diperhatikan adalah pastikan rem berfungsi, lampu menyala, tekanan ban dan kondisi mesin oke. Jika perlu bawa mobil dan sepeda motor kamu untuk diservis terlebih dahulu agar perjalanan mudik tidak akan menghadapi kendala yang berarti.

3.Isi bahan bakar hingga penuh.

4.Bawa peralatan yang diperlukan jika mobil atau motor kamu ‘mengulah’ di jalan, seperti dongkrak, berbagai macam kunci, dan jangan lupa bawa ban cadangan bagi mobil.

5.Pastikan bahwa saat mengemudi, stamina kamu sedang baik. Jika selama perjalanan merasa lelah maupun mengantuk, ada baiknya beristirahat sejenak di pinggir-pinggir jalan atau mampir ke posko mudik yang biasanya banyak disediakan disepanjang jalur utama mudik di berbagai daerah di Indonesia.

6.Hormati pengguna jalan lainnya. Jangan menyerobot maupun berlomba-lomba cepat di jalanan. Untuk sepeda motor, bawa kendaraan kamu tetap berada di lajur kiri. Sedangkan untuk mobil, posisikan mobil dengan baik, tidak kebut-kebutan apalagi ugal-ugalan karena membahayakan diri sendiri dan orang lain.

7.Jaga kecepatan normal kendaraan yang dibawa. Jangan sampai melebihi kecepatan yang dianjurkan dengan dalih ingin cepat sampai di kampung halaman, tetap hati - hati di jalan!

8.Jangan lupa berdoa kepada Allah untuk memudahkan perjalanan hingga tiba di kampung halaman.

Semoga tips diatas mampu membuat mudik kamu lebih aman dan nyaman. Selamat mudik semuanya!

Last modified on Kamis, 16 Juli 2015 12:55

Leave a Comment