7 Hal Penting Agar Stamina Tetap Terjaga Selama Mudik

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Perjalanan mudik tentu harus dipersiapkan secara matang, mulai dari budget, fisik, dan psikis. Pastikan kondisi tubuh tidak kelelahan yang mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh dan akhirnya membuat tubuh kita mudah terinfeksi oleh kuman atau virus terutama bakteri dan virus penyebab penyakit infeksi usus (diare) serta penyakit infeksi saluran pernafasan atas (flu, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan).

Oleh karena itu, perjalanan mudik harus dipersiapkan dengan baik agar saat ditempat tujuan tubuh tetap sehat dan bugar, dan momen lebaran bersama keluarga menjadi hari yang spesial dan tak terlupakan.

Berikut ini, cara tetap sehat dan bugar saat mudik lebaran.

1.Istirahat yang Cukup

Ada baiknya mulai mempersiapkan stamina jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan, agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar dengan Istirahat minimal 6 - 8 jam sebelum pergi. Hindari begadang jika merencanakan berangkat pagi hari, agar terhindar dari kelelahan mengantuk apalagi Anda sedang mengendarai mobil atau motor.

Perbanyak minum air putih sekitar 3-4 hari sebelum keberangkatan untuk menjaga agar tubuh cairan tubuh tetap terjaga. Berbuka dan sahur secukupnya dan siapkan bekal selama dalam perjalanan. Konsumsi vitamin agar stamina Anda tetap terjaga saat perjalanan jauh. Makan secukupnya sebelum memulai perjalanan mudik.

2.Membawa Obat-obatan

Jangan lupa membawa obat-obatan sederhana antara lain obat anti diare, obat sakit kepala, obat muntah, norit, obat anti diare, obat alergi dan obat sakit maag serta krim/balsem penghangat badan. Karena obat-obatan sangat berguna dalam perjalanan jauh.

Bagi para pemudik dengan penyakit kronis, misal penderita kencing manis, hipertensi, penderita asma, dan penyakit kronis lainnya harus ingat untuk membawa obat-obatan yang rutin dikonsumsi dengan jumlah yang cukup, baik selama berada di daerah maupun saat kembali.

3.Pilih Waktu Perjalanan

Cari informasi lalu lintas mudik yang akan dilalui, agar dapat membantu menentukan waktu perjalanan yang paling ideal. Jika tidak ingin tidak terlalu lelah selama perjalanan, sebaiknya memulai perjalanan mudik pada malam hari. Selain tidak terpapar sinar matahari yang bisa membuat tubuh kekurangan cairan. Tubuh pun masih bertenaga selama perjalanan mudik.

4.Jangan Menahan Hajat

Jangan sekali-kali menahan untuk buang air kecil atau besar. Lekas berhenti ketika merasa ingin buang air atau hajat di Pom Bensi atau Rest Area sepanjang jalan. Tempat tersebut bisa juga untuk beristirahat sejenak selama perjalanan.

5.Beristirahat dalam Perjalanan

Hal ini sangat penting selama mudik. Meskipun perjalanan masih jauh dan lama, segera beristirahat jika sudah merasa lelah berkendara. Tidak ada yang lebih penting selain sampai di kampung dengan selamat dan tetap bugar. bisa mengambil istirahat setiap 3 atau 4 jam berkendara untuk menjaga stamina. Alternatif lainnya bisa bergantian dengan anggota keluarga lainnya untuk berkendara.

6.Berhati-hatilah

Tetap waspada selama perjalanan, mengingat tingkat kejahatan meningkat. Begitu juga saat mengendarai kendaraan, agar tetap waspada pada arus lalu lintas. Jangan terburu-buru dan main salip, supaya terhindar dari kecelakaan yang rawan terjadi saat mudik.

Perhatikan barang bawaan, buat daftar keperluan yang akan dibawa seperlunya saja. Jangan membawa peralatan atau perlengkapan secara berlebihan, apalagi bagi pemudik yang memang menggunakan kendaraan umum.

7.Perhatikan barang bawaan

Tetap waspada pada barang atau keperluan yang dibawa. Tidak jarang barang bawaan atau dompet bisa tertinggal. Fokuskan pikiran untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa diterapkan saat melakukan perjalanan mudik guna menghindari hal-hal buruk yang bisa terjadi kapan saja.

Leave a Comment