Selain Raja Ampat, Ini Dia 5 Wisata Bahari Terbaik Di Indonesia

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Ayojalan.id)

Muslimahdaily - Raja ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang terletak di Provinsi Papua Barat, terdiri dari empat pulau besar yaitu Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Batanta dan Pulau Waigeo. Keindahan wisata bahari di Raja Ampat sudah tidak diragukan lagi.

Dilansir dari wikipedia, Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 tempat di dunia dengan pemandangan bawah laut yang terbaik. Selain itu juga flora dan fauna bawah laut di kepulauan Raja Ampat terkenal dengan keanekaragamannya dan keasriannya yang akan memanjakan mata bagi para wisatawan yang melakukan snorkling atau diving.

Indonesia yang terkenal sebagai negara bahari, memiliki banyak tempat wisata bahari yang tidak kalah menarik dari Raja Ampat. Berikut ini terdapat beberapa tempat wisata bahari menarik, yang wajib dikunjungi traveler, sebelum pergi ke Raja Ampat.

1. Labuan Bajo

Labuan Bajo yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Terkenal dengan Pulau Komodo, di mana wisatawan dapat melihat kehidupan komodo lebih dekat. Labuan Bajo yang terdiri dari banyak pulau.Masing-masing pulau memiliki wisata bahari yang menarik, karena banyak ikan dan terumbu karang yang beraneka macam, sehingga membuat betah para wisatawan untuk snorkling dan diving berlama-lama.

Selain itu pula Labuan Bajo juga memiliki Air Terjun Cunca Wulang yang airnya jernih berwarna biru yang tidak boleh terlewati saat berkunjung ke Labuan Bajo.

2. Pahawang

Pulau Pahawang yang terletak di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, mulai terkenal di kalangan wisatawan karena memiliki spot snorkling yang indah. Selain itu juga Pulau Pahawang memiliki pasir timbul yang menjadi keunikan tersendiri. Saat air surut, maka warna pasir akan terlihat perpaduan antara warna putih, biru, dan hijau.

Selain Pulau Pahawang, pulau-pulau di sekitarnya seperti Pulau Tanjung Putus yang terdapat bangkai kapal karam dan Pulau Legundi yang memiliki goa-goa dibawah laut sangat menarik untuk dijelajahi.

3. Pulau Lombok

Pulau Lombok terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat memang sudah terkenal di kalangan wisatawan dengan pemandangannya yang indah dan wisata baharinya yang memukau. Wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke Pulau Lombok tidak asing dengan namanya Gili Trawangan yang menjadi TrendingTopic wisata bahari Pulau Lombok,

Selain karena udara di pantainya yang segar dan sejuk dan pasir pantai yang masih bersih, penampakan saat matahari terbit dan terbenam serta pemandangan bawah laut yang memukau yang didapatkan saat snorkeling akan menjadi memori indah tersendiri bagi para wisatawan.

(Baca Juga : Liburan Bernuansa Pedesaan di Dusun Bambu)

Selain Gili Trawangan, terdapat banyak Gili di Lombok yang juga tidak kalah menarik. Seperti Gili Air, Gili Meno, Sekotong, Pantai Pasir Pink, dan Pantai Tanjung Aan yang terkenal dengan pasir pantainya yang unik, karena berbentuk bulat seperti merica.

4. Bunaken

Pulau Bunaken terletak di Teluk Manado Provinsi Sulawesi Utara. Pulau Bunaken memiliki Taman Laut, yang sudah terkenal dengan biodiversitas yang beraneka ragam dan memiliki banyak spot menarik bagi para wisatawan untuk melakukan diving dan snorkeling.

Saat melakukan diving maupun snorkeling, wisatawan dapat melihat dari dekat keanekaragaman terumbu karang serta hewan-hewan yang hidup dilaut seperti, kuda laut, ikan anemon, ikan barakuda, dan unicorn fish. Tidak hanya Pulau Bunaken saja namun pulau-pulau di sekitar Bunaken yang termasuk dalam Taman Nasional Bunaken memiliki keindahan wisata yang tidak kalah menarik.

5. Kepulauan Seribu

Kepulauan seribu terletak pada provinsi DKI Jakarta. Kepulauan seribu terdiri dari banyak pulau dan memiliki wisata bahari yang menarik dan pasir pantai yang masih bersih. Pulau terkenal yang sering dikunjungi wisatawan untuk snorkling dan diving yaitu Pulau Bira, Pulau Semak Daun, Pulau Pari, dan Pulau Putri.

Selain wisata bahari, wisatawan dapat melihat penangkaran hewan penyu, hutan bakau, dan beberapa bangunan bersejarah di Pulau Onrust yang merupakan bagian dari Kepulauan Seribu. Untuk menuju Kepuluan Seribu pun tidak sulit karena banyak travel yang menawarkan paket wisata Pulau Seribu, salah satunya adalah ayojalan.id sebuah travel terpercaya yang menawarkan destinasi terbaik di Indonesia.

(Baca Juga : Tips Travelling Bagi Muslimah)

Last modified on Kamis, 19 Juli 2018 07:26

Leave a Comment