Liburan Akhir Pekan Dulu yuk! Ini Dia 5 Tempat Untuk Menghilangkan Penat di Jakarta

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Ayojalan.id )

Muslimahdaily - Menjalani rutinitas atau bekerja setiap hari memang menjadi kewajiban. Tetapi, jangan lupa setiap orang juga harus memperhatikan kesehatan fisik dan mentalnya. Jika tidak, stres dan depresi akan membayangi sebagian besar masyarakat di perkotaan yang sibuk dan jenuh dengan rutinitas. Bahkan, dalam jangka panjang, stres yang dibiarkan berlarut – larut dapat memicu risiko penyakit kronis seperti jantung, diabetes dan obesitas.

Ketika liburan akhir pekan tiba, manfaatkan waktu santai untuk berlibur ke tempat – tempat wisata terdekat di kotamu. Nah, buat kamu yang tinggal di sekitaran Jakarta, coba yuk mampir ke beberapa tempat wisata berikut ini untuk menghilangkan penat dalam satu minggu terakhir.

1. Kepulauan Seribu

Tak perlu jauh – jauh ke luar kota untuk menikmati indahnya nuansa pulau berpasir putih dan perairan sebiru pirus. Karena kamu cukup menyeberang menggunakan perahu dari Pantai Ancol menuju lokasi kepulauan Seribu yang tak kalah elok ketimbang Maladewa.

Di Kepulauan Seribu, ada banyak tempat wisata air dan hotel yang ditawarkan pengelola. Setiap pulau memiliki ciri khas masing – masing. Misalnya, Pulau Tidung, Pulau Bidadari, Pulau Pramuka dan Pulau Pelangi. Kamu juga bisa menikmati semua keindahan pulau dengan berwisata “island hopping” menyewa perahu.

2. Taman Mini Indonesia Indah

Pengunjung ibukota yang memiliki buah hati duduk di bangku sekolah, tak boleh melewatkan liburan akhir pekan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Bagaikan wilayah Sabang sampai Merauke yang dibuat dalam miniatur wisata, pengunjung akan diajak berkeliling Indonesia hanya dalam waktu satu hari.

Di dalamnya, ada berbagai tempat menarik sekaligus edukatif untuk anak – anak usia pelajar. Seperti rumah adat provinsi, tempat bermain, Istana Anak Indonesia, hingga arena SnowBay Water Park dan Theater IMAX Keong Emas. Dijamin liburan tak akan pernah bosan!

3. Kebun Binatang Ragunan

Masih menawarkan wisata edukatif, Kebun Binatang Ragunan juga sangat cocok untuk melepaskan penat di Jakarta. Ajak keluarga dan buah hati berkunjung ke taman hewan yang mengoleksi sekitar 2.000 spesies hewan ini.

Lokasinya asri dengan pepohonan yang sejuk dan rindang. Tak heran, banyak warga Jakarta yang berpiknik atau duduk – duduk di sekitar pepohonan sembari menyaksikan buah hatinya bermain atau berlarian. Selain itu, anak – anak juga bisa diajak bercengkrama dengan hewan jinak secara langsung atau berfoto bersama.

4. Monumen Nasional (Monas)

Menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia sejak era 70-an, Monas atau Monumen Nasional bisa menjadi sarana rekreasi yang murah meriah sewaktu liburan akhir pekan.

Menawarkan museum dengan arsitektur mirip seperti alu dan lumpang atau tempat menumbuk padi. Di bagian puncaknya terdapat obor api yang dibuat dari lapisan emas asli untuk melambangkan semangat rakyat Indonesia yang selalu membara. Kamu juga dapat menikmati indahnya pemandangan kota Jakarta dari lantai teratas Monas, lho.

5. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Ingin melipir dari kesibukan dan keramaian ibukota? Coba datanglah ke Pantai Indah Kapuk atau PIK. Di sini, kamu bisa menikmati panorama alam berupa hutan mangrove menghijau nan rindang. Dihiasi perairan pantai yang terbelah dengan jembatan kayu atau papan kayu sebagai jalur untuk pengunjung lebih mudah mengakses.

Selain sarana rekreasi, ternyata hutan mangrove atau hutan bakau juga menjadi tempat konservasi lingkungan. Terdapat fasilitas akomodasi berupa rumah kayu terapung di atas air serta kafe dan restoran yang menyajikan menu mantap.

Nah, mau ke mana nih melepas penat liburan akhir pekan nanti? Kalau kamu masih bingung, gunakan beberapa pilihan di atas sebagai referensimu ya.

Leave a Comment