6 Cara Seru dan Unik Merayakan Idul Fitri Bareng Keluarga

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : dailyherald )

Muslimahdaily - Merayakan idul Fitri bersama keluarga merupakan momen spesial yang dinantikan setiap tahun oleh umat Muslim di Indonesia. Bahkan, setiap orang rela berdesakan dan menempuh jarak antar pulau agar bisa berkumpul kembali dengan keluarga besar.

Bisa mudik ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Lalu, bagaimana untuk mengisi waktu libur Lebaran yang seru dan unik? Yuk, kita simak beberapa saran berikut yaa..

Bermain Games

Saat keluarga besar berkumpul, sudah pasti ada banyak anak – anak yang turut memeriahkan suasana. Nah, daripada mereka hanya bermain lari – larian dengan saudara – saudaranya yang lain, kenapa tidak memainkan sebuah games yang edukatif dan seru.

Contohnya seperti aneka permainan tradisional seperti gobak sodor atau benteng. Permainan tradisional anak – anak ini akan menambah ketangkasan dan motorik anak sekaligus mempererat keakraban di antara saudara – saudara yang mungkin hanya bertemu setahun sekali karena berada di luar kota.

Berbagi Makanan

Merayakan Lebaran atau Idul Fitri akan semakin membahagiakan dengan saling berbagi makanan. Tidak hanya pada sanak family, tetapi juga tetangga yang jauh dan dekat.

Mungkin selama beberapa tahun terakhir, kita pernah melakukan kesalahan atau tidak sengaja menyinggung perasaan tetangga kita. Nah, dengan memberikan makanan seperti ketupat plus opor, setidaknya kita berusaha untuk meminta maaf atas kesalahan yang telah lalu.

Memberikan Hadiah/ Kado

Siapa pun pasti senang diberikan hadiah atau kado. Tidak hanya anak – anak, orang tua dan dewasa pun akan sangat bergembira dan bersuka cita jika diberikan kado. Selama momen berkumpul bersama keluarga saat Lebaran, tidak ada salahnya memberikan kado atau hadiah untuk menambah keceriaan keluarga.

Hadiah yang bisa diberikan seperti kue kering, parcel, baju, atau souvenir cantik lainnya sesuai selera.

Bermain Kembang Api

Daripada menyalakan petasan yang berbahaya, kemeriahan suasana Lebaran akan semakin terasa dengan bermain kembang api bersama dengan keluarga dan keponakan yang masih anak – anak.

Tawa riang serta canda akan semakin semarak dengan permainan kembang api di halaman belakang rumah atau di teras depan. Orang tua sebaiknya selalu mengawasi dan mendampingi buah hati ketika bermain kembang api agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sesi Foto Keluarga

Selagi berkumpul bersama saudara – saudara jauh yang mungkin tidak setiap hari bertemu, kenapa tidak mengambil foto keluarga besar? Foto ini bisa dijadikan kenang – kenangan setiap tahun sehingga bisa mengetahui kelucuan dan imutnya anak – anak yang cepat tumbuh besar.

Reuni Kawan Lama

Tidak hanya berkumpul dengan keluarga besar, Lebaran bisa menjadi ajang silaturahim dengan kawan – kawan lama yang sudah bertahun – tahun tidak bertemu. Seperti teman sekolah, teman kuliah, teman kerja, dan sebagainya.

Terutama, teman – teman yang berada di kampung atau satu kota. Kemungkinan setelah kuliah atau bekerja, banyak yang pergi meninggalkan kota kelahiran untuk mencari kehidupan masing – masing. Momen Idul Fitri bisa mempertemukan kembali sahabat atau kawan lama yang lama tidak berjumpa dan menjalin tali silaturahim untuk menambah pahala.

Leave a Comment