Serunya 2 Jam Berpetualang Mengelilingi Kota Madinah

By August 6, 2019 0
Pelataran masjid Nabawi, Madinah Pelataran masjid Nabawi, Madinah ( Foto : Ghuffar/Muslimahdaily )

Muslimahdaily - Bisa menjejakkan kaki di kota Madinah al-Munawwarah, sungguh sebuah impian yang menjadi nyata bagi umat Islam. Kota Madinah merupakan kota suci kedua setelah Mekkah yang selalu dipadati para calon jamaah umrah dan haji. Betapa bahagia dan takjub apabila kamu bisa berkesempatan mengelilingi kota Madinah.

Dalam tour selama 2 jam, kamu bisa menaiki bus wisata khusus untuk berpetualang menikmati berbagai atraksi wisata menarik di kota Madinah. Asyiknya lagi, bus wisata ini tiketnya tersedia selama 24 jam. Tur akan meliputi 2 rute dengan total 11 pemberhentian yang mengajak para penumpang atau wisatawan berjalan – jalan ke sejumlah spot bersejarah, landmark kota, serta tempat ikonik lainnya. Berikut beberapa spot populer yang bisa kamu kunjungi saat berkeliling kota Madinah dalam 120 menit.

Masjid Nabawi

Ketenaran Masjid yang dibangun Rasulullah ini pasti sudah tidak asing di telinga. Masjid Nabawi memiliki luas sekitar 100.000 meter persegi dan terus diperluas mengingat jumlah calon jamaah yang semakin bertambah tiap tahun dari seluruh dunia.

Di pelataran Masjid Nabawi terdapat payung – payung besar yang menjadi inspirasi banyak masjid lain memayungi jamaah. Payung besar ini berfungsi untuk membuat jamaah merasa lebih nyaman dan teduh.

Fasilitas ini didatangkan dari Jepang dan Jerman dengan teknologi yang bisa menurunkan suhu panas hingga 8 derajat Celcius. Tak ayal, setiap kali berkunjung ke Masjid Nabawi, para pengunjung tidak akan melewatkan kesempatan berfoto di sekitar pelataran Masjid Nabawi.

Al-Noor Mall

Berwisata ke kota Madinah, umumnya para pelancong juga ingin melihat – lihat cinderamata atau souvenir khas kota destinasi. Nah, di Madinah, kamu bisa mengunjungi Al-Noor Mall untuk menikmati wisata belanja sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Di dalamnya banyak terdapat barang – barang berkualitas yang bisa dipilih. Dan yang paling menambah kenyamanan pengunjung asal tanah air, karena di mall ini kamu bisa melakukan transaksi pembayaran dengan mata uang Rupiah.

Pemakaman Al Baqi

Wisata religi yang tidak kalah bersejarah adalah makam Al Baqi. Pemakaman ini sangat penting di Madinah karena Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasalam memiliki banyak kerabat dan sahabat yang dimakamkan di sini. Termasuk anak – anak Rasulullah, seperti Ibrahim, Ruqayyah, dan Fatimah.

Maka itulah, setiap kali jamaah umrah atau haji, pasti akan singgah untuk berziarah ke Makam Al Baqi yang legendaris. Makam Al Baqi merupakan makam Islam tertua di Arab Saudi.

Pada masa peperangan Uhud, banyak tentara Angkatan Darat Islam yang gugur dan dimakamkan di Al Baqi. Ketika mengunjungi makam ini dianjurkan untuk banyak berdoa, seperti yang dilakukan Rasulullah setiap kali melewati makam ini.

Masjid Quba

Konon, Masjid Quba merupakan masjid pertama di dunia yang dibangun Rasulullah pada abad ke-7 Masehi. Menurut tradisi Islam, dianjurkan berwudhu dan shalat dua rakaat di Masjid Quba. Pahala melakukan hal ini sama dengan satu kali umrah.

Seperti hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad ibn Hanbal, Al-Nasa'i, Ibn Majah dan Hakim al-Nishaburi, “"Siapa pun yang memiliki wudhu, lalu pergi dan sholat di Masjid Quba, akan mendapatkan pahala sama seperti satu kali umrah.”

Stasiun Kereta Al Hijaz

Hanya sekitar 1 km dari Masjid Nabawi, terdapat Stasiun Kereta Al Hijaz. Bangunan stasiun sangat unik dan terlihat kontras karena mengusung konsep gaya Eropa.

Pada 1908, Kesultanan Turki Usmani membangun stasiun untuk menghubungkan antara kota Damaskus, Syria dan Madinah agar calon jamaah haji dan umrah lebih nyaman. Namun, pada 1920, jalur ini dihapus karena alasan keamanan.

Selanjutnya, pada 2006, stasiun disulap menjadi gedung cantik dan difungsikan sebagai Al Hijaz Railway Museum. Di dalamnya, dipamerkan berbagai koleksi barang antik milik warga Madinah berusia ratusan abad.

Asyik banget kan, bisa wisata naik bus berkeliling Madinah selama 2 jam. Pemberhentian pertama bus ada di sepanjang rute hijau kawasan Masjid Nabawi. Sedangkan, pemberhentian bus di Rute Merah adalah Uhud.

Namun, pelancong juga boleh ikut tur di halte – halte yang dilewati sepanjang perjalanan. Ongkos tur ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 300 ribuan per orang. Bagaimana tertarik mencoba tur wisata 2 jam keliling kota Madinah?

Last modified on Tuesday, 06 August 2019 02:32

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama