5 Camilan Ini Bantu Redakan Mabuk Perjalanan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Musim liburan akhir tahun hampir tiba. Banyak destinasi wisata lokal maupun mancanegara yang sudah menjadi incaran para pelancong di seluruh penjuru dunia.

Salah satu hal yang paling mengesankan saat berlibur ialah pengalaman perjalanan di dalamnya. Banyak hal atau bahkan temuan baru yang dijumpai dalam perjalanan.

Namun, pernahkah di antara Sahabat Muslimah merasakan mabuk perjalanan? Kondisi di mana merasa tidak nyaman yang di alami seseorang ketika berpergian menggunakan kendaran. Baik darat, laut, maupun udara. Biasanya para penderita akan merasakan mual atau bahkan mengeluarkan isi makanan dari dalam perutnya (muntah).

Banyak cara yang dapat dilakuan untuk membantu meredakan mabuk perjalanan. Salah satunya ialah mengonsumsi obat-obatan tertentu. Namun, tahukah Sahabat Muslimah jika ada cemilan yang juga mampu meredakan mabuk perjalanan? Berikut MuslimahDaily rangkum lima di antaranya:

Apel

Apel meruapakan buah yang tinggi akan serat. Rasa manis yang terkandung di dalamnya dapat meminimalisir rasa mual. Selain itu senyawa alami di dalamnya juga mampu meredam peningkatan asam lambung.

Melansir dari Everyday Health, penulis Belly Fat for Dummies Erin-Palinski Wade RD,CDE mengatakan bahwa serat dapat memperlambat pencernaan sehingga memungkinkan dapat memperlambat transit usus dan memperlancar pencernaan dan meredakan mual.

Namun menurutnya, makanan berserat tinggi juga dapat memicu peningkatan mual.

Kacang-kacangan

Saat kekurangan protein, pasti akan merasakan mual. Protein bisa di daoatlan dari berbagai jenis kacang-kacangan.

Dengan mengonsumsi kacang-kacangan saat mual juga akan membantu meminimalisirnya. Jenis kacang-kacangan yang bisa disantap mulai kacang tanah, mede, atau almond sekali pun.

"Mual karena kelaparan berlebihan, gula darah rendah, atau sedang hamil, kacang dapat merespon dengan baik dengan kandungan protein di dalamnya. Tapi, saat tubuh ingin melawan virus, kacang-kacangan dan protein justru akan membuatmu merasa mual," jelas Palinski di laman Everyday Health.

Permen

Selanjutnya, ialah kamu dapat mengonsumsi permen saat merasakan mual ketika dalam perjalanan. Permen dapat mendorong produksi air liur dalam mulut. Saat memakannya, permen juga akan menekan produksi asam lambung dan rasa mual secara optimal .

Kraker

Tinggi akan Pati, kraker juga dapat membantu menyerap asam lambung dan menenangkan perut yang mual.

Palinski menjelaskan, sifat hambar dari kraker membantu menekan rasa lapar yang berlebihan tanpa ada aroma yang kuat yang bisa menyebabkan mual .

"Makanan berbahan dasar tepung juga dapat membantu menyerap asam lambung dan menengangkan perutmu," jelasnya.

Roti 

Terakhir adalah roti, sama seperti kraker. Kandungan di dalmnya dapat menyerap asam lambung dan meringankan rasa mual. Saat mulai merasa mual, coba konsumsi roti untuk meredakan rasa mual yang kamu rasakan.

Nah, mulai saat ini Sahabat Muslimah enggak perlu khawatir lagi saat merasakan mual di kala perjalanan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment