Miliki Masjid Yang Sangat Utama Bagi Umat Islam, Yuk Kunjungi Tiga Kota Ini

Masjid Quba Masjid Quba

Muslimahdaily - Banyak tempat wisata dalam negeri maupun luar negeri yang dapat dikunjungi untuk berlibur. Namun apabila kamu bosan dengan suasana berlibur yang begitu-begitu saja, yuk coba berwisata sekaligus beribadah di tiga kota ini, Mekkah, Madinah dan Jerusalem.

Kenapa harus tiga tempat tersebut? Karena di tiga kota tersebut terdapat masjid yang memiliki keutamaan bagi umat muslim. Masjid di tiga tempat ini juga disebutkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam dalam hadist berikut:

”Shalat di masjidku (masjid Nabawi) lebih baik daripada 1.000 shalat di tempat lain, kecuali di Masjid Al-Haram. Shalat di masjid Al Haram lebih baik daripada 100.000 shalat di tempat lain.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Anjuran untuk mengunjingi ketiga masjid utama, yaitu Masjid Al AqshaMasjid Al Haram, dan Masjid Nabawi juga dijelaskan pada hadits berikut:

“Janganlah kalian menempuh perjalanan jauh kecuali menuju ke tiga masjid: masjidku ini (Masjid Nabawi), masjid Al Haram, dan masjid Al Aqsha.” (HR. Bukhari no. 1115 dan Muslim no. 1397).

Namun, selain memiliki masjid yang sangat utama bagi umat muslim di seluruh dunia, apa saja tempat yang dapat kita kunjungi ketika mengunjungi tiga kota tersebut?

1. Mekkah

Siapa yang tak mengenal kota satu ini, yang sangat berarti bagi umat muslim karena adanya Ka’bah di dalam kota itu. Ketika mengunjungi kota ini, kamu dapat melakukan ibadah umrah maupun haji.

Namun selain itu, di kota ini pun kamu dapat melakukan beberapa kegiatan ibadah maupun berwisata di beberapa tempat antara lain Ziarah ke Jabal Tsur. Di Jabal Tsur terdapat Goa Hira, tempat Nabi Muhammad menerima wahyu pertamanya, sekaligus tempat Nabi selalu bertahannus.

Burj Al Bayt, adalah sebuah gedung raksasa yang memiliki jam raksasa pula di puncaknya. Dibandingkan dengan menara jam lainnya di dunia, menara ini merupakan yang tertinggi. Gedung ini terdiri dari beberapa hotel dan lantai dasarnya terdapat sebuah shopping center tempat membeli oleh-oleh bermerek.

Wisata Belanja di Ja’fariyah, jika kamu termasuk orang yang suka belanja maka tempat ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Karena di Ja’fariyah kamu dapat membeli oleh-oleh seperti sajadah, jilbab, parfum dan lainnya dengan harga yang terjangkau.

2. Madinah

Selain mengunjungi Masjid Al – Aqsha, kamu juga dapat mengunjungi dan beribadah di Masjid Quba dan Masjid Al-Qiblatain. Masjid Quba merupakan masjid tertua di dunia yang menyimpan sejarah perkembangan Islam. Masjid yang memiliki arsitektur menawan ini terletak di kawasan Hejaz, Madinah. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Masjid Al-Qiblatain, masjid ini merupakan satu-satunya masjid yang memiliki dua arah kiblat.

Mendaki Gunung Uhud, gunung yang memiliki panjang 7 kilometer dan lebar sekitar 3 kilometer ini terletak di bagian utara Kota Madinah. Selain bisa mendaki, kamu juga bisa mampir ke pasar yang ada di kawasan Gunung Uhud ini dan dapat membeli berbagai macam barang, mulai dari delima hingga tasbih dan sebagainya.

Berbelanja di Pasar Kurma, di tempat ini terdapat beragam jenis oleh-oleh khas Arab Saudi mulai dari kurma, cokelat, kismis, ma’amoul dan sebagainya.

Menjelajah padang pasir di Madain Saleh, Madain saleh berlokasi di kawasan Al-Ula atau sekitar 400 km dari pusat kota Madinah. Tempat ini merupakan situs arkeologi. Selain bangunan kuno, ada juga padang pasir yang terdapat di tempat ini.

3. Jerusalem

Tak hanya Masjid Al-Aqsha yang dapat kamu kunjungi di Jerusalem. Pasalnya di tempat ini banyak sekali tempat-tempat yang wajib kamu kunjungi, antara lain:

Kota Tua Yerusalem, tempat ini merupakan lokasi bersejarah. Kota ini disebut juga kota suci terutama bagi agama Kristen, Yahudi, dan Islam. Di sini kamu dapat menemukan banyak bangunan bersejarah dan museum.

Namun, ada hal yang perlu diingat. Berkaitan dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Israel yang melarang turis Indonesia memasuki negara tersebut, hal ini dikarenakan Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan bilateral.

Jika kamu ingin mengunjungi negara satu ini, kamu harus membuat visa di negara lain terlebih dahulu. Alternatif lain, kamu dapat mengikuti prosedur dari negara itu dengan menyiapkan beberapa dokumen mulai scan paspor, scan kartu keluarga, dan scan KTP. Selanjutnya diwajibkan untuk mengisi form khusus. Sangat dianjurkan berkunjung dengan agen tur agar lebih mudah.

Itu dia beberpa hal yang dapat kamu lakukan ketika mengunjungi tiga kota yang memiliki masjid yang memiliki keutamaan bagi umat islam. Semoga bermanfaat!

Last modified on Kamis, 16 Januari 2020 10:34

Leave a Comment