Mencoba Wisata Jembatan Terpanjang di Indonesia, Suspension Bridge

Wisata Suspension Bridge, Sukabumi Wisata Suspension Bridge, Sukabumi ( Foto: Muslimahdaily/Suha Yumna )

Muslimahdaily - Keindahan alam Indonesia sudah tak lagi diragukan. Dataran tinggi hingga dataran rendah, hulu hingga hilir, tiap daerah memiliki kecantikan yang siap memanjakan mata. Salah satunya di Sukabumi, Jawa Barat.

Terkenal akan buah tangan mochi, Sukabumi juga kaya akan tempat wisata. Setidaknya ada puluhan curug atau air terjun dan tempat wisata yang cocok kamu sambangi untuk melepas penat. Di antara wisata yang terdapat di Sukabumi, Jembatan Gantung Situ Gunung tak boleh sampai terlewat.

Kawasan wisata Jembatan Gantung Situ Gunung ini terdiri dari beberapa pilihan wisata. Mulai dari yang paling terkenal yaitu Suspension Bridge, Curug Sawer, Situ Gunung, hingga camping area.

Suspension Bridge

Suspension bridge digadang-gadang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Saat melintas di atas jembatan ini, kamu akan disuguhi keindahan alam yang memanjankan mata. Hamparan pohon nan eksotis seketika dapat melepas beban pikiran.

Sebelum menikmati wisata suspension bridge, kamu akan dijamu dengan welcome drink berupa kopi atau teh hangat dan camilan singkong dan pisang rebus. Camilannya disuguhkan dengan daun pisang. Kalau beruntung, kamu bisa menonton pertunjukkan sinden Sunda sambil menikmati camilan.

Jembatan dengan panjang 243 meter dan lebar 18 ini berada di ketinggian 161 meter di atas permukaan tanah. Jembatan ini juga dilengkapi pagar dengan tinggi 1,5 meter. Sebelum melintasi jembatan ini, kamu diwajibkan untuk memakai pengaman yang dikenakan di pinggang.

Ketika suasana agak ramai, kamu mungkin akan sedikit mengantri. Pasalnya, Supspension Bridge hanya boleh dilewati oleh 40 orang dalam sekali penyebrangan. Oleh karena itu, kamu harus menunggu giliran.

Bagi kamu yang takut akan ketiggian, melintasi Suspension Bridge akan sedikit memberikan sensasi yang berbeda. Jembatan ini akan sedikit bergoyang ketika sedang dilintasi. Namun, jangan khawatir, kamu bisa perpegangan pada pagar untuk mengurasi rasa takut.

Menghabiskan lebih dari Rp 4 milyar untuk proses pembangunannya, Suspension Bridge berbahan dasar kayu ulin yang dikirim dari Provinsi Papua. Kayu yang juga sering disebut kayu besi ini memiliki spesifikasi tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban, dan pengaruh air laut. Hal ini menyebabkan kayu ulin menjadi sangat berat, keras, dan tidak mudah dimakan rayap. Maka tak aneh, jika kayu ulin dipilih untuk jadi bahan dasar dari Suspension Bridge.

Curug Sawer

Selain menikmati suasana pegunungan yang eksotis, kamu juga dapat mengunjungi Curug Sawer. Wisata yang juga berada di kawasan Situ Gunung ini juga menyimpan keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

Dulu, curug sawer ditempuh dengan jarak 1,7 km dari pintu gerbang wisata Situ Gunung. Namun, semenjak ada Suspension Bridge, kamu hanya perlu 10-15 menit dengan jalan kaki untuk sampai ke air terjun ini. Jalannya pun mudah untuk dilalui.

Curug sawer memiliki ketinggian 35 meter. Berada di ketinggian 1.025 mdpl, curug ini mengalirkan air menuju Sungai Cigunung. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang tepat di bawah air terjun. Walau demikian, kamu tetap bisa menikmati keindahan Curug Sawer dari jembatan kayu yang dibangun dekat dengan air terjun.

Untuk bisa menikmati keseluruhan wisata Situ Gunung, kamu harus membayar tiket masuk sebesar 50 Ribu Rupiah. Walau tergolong tidak murah, tapi harga tersebut sepadan dengan keindahan yang disajikan.

 

Leave a Comment