Berburu Spot Instagram-Able di Rest Area Tol Trans Jawa

By February 16, 2020 0
Rest Area Trans Jakarta Rest Area Trans Jakarta ( Foto: Kompas)

Muslimahdaily - Rest area di dalam tol pada umumnya hanyalah tempat beristirahat yang dilengkapi dengan fasilitas pengisian bahan bakar, tempat beribadah, toilet, hingga tempat makan. Tapi hal itu tidak berlaku bagi salah satu rest area yang berada di tol trans Jawa.

Rest area KM 220B Banjaratma, merupakan rest area unik yang ada di tol trans jawa, tepatnya di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Rest area ini dapat kamu singgahi ketika melintasi tol Pejangan-Pemalang.

Rest area ini merupakan kreasi terbaru dari sinergi BUMN yang telah dioperasikan sejak 17 Maret 2019 lalu.

Berbeda dengan rest area pada umumnya yang memiliki dinding dan bercat rapi, tempat peristirahatan ini justru terlihat using dengan bangunan yang disusun dari batu bata tanpa dicat. Ketika memasuki area ini, kamu akan merasakan kesana antik dan klasik. Lalu apa saja yang menarik dari rest area ini?

1. Bekas pabrik gula

Sebelum menjadi rest area, tempat ini dulunya merukan bekas pabrik gula asal Belanda N.V. Cultuurmaatschappij yang beroperasi di tahun 1913.

Menariknya pabrik gula ini memiliki tampilan yang terkesan klasik dengan dinding yang terbuat dari susunan batu bata merah. Cat serta dinding bangunan bekas pabrik gula ini dibiarkan mengelupas begitu saja.

Kondisi itu pastinya membuat para penungjung tertarik untuk mengambil gambar, dan mengunggahnya ke media sosial.

Selain itu, di dalam bangunan bekas pabrik gula itu juga terdapat beberapa benda yang dulunya digunakan saat pabrik beroperasi. Seperti tungku, mesin roda giling, hingga corong pencipta uap untuk proses produksi gula di masa lalu.

Tak ketinggalan, ada juga akar pohon yang menempel di dinding bangunan yang dapat digunakan sebagai latar ketika berfoto.

(Foto: Detik)

2. Masjid berbatu bata merah

Seperti rest area pada umumnya, rest area ini juga menyediakan masjid untuk pengunjung yang akan melaksanakan ibadah shalat. Namun yang berbeda, masjid di rest area ini didominasi dengan ornamen batu bata.

Celah-celah dari susunan batu bata yang disusun dijadikan sebagai ventilasi udara. Selain itu juga menjadi penerangan karena sinar matahari masuk ke dalam bangunan dari celah tersebut.

(Foto: Kompas)

3. Lokomotif

Di area luar bangunan utama, terdapat lokomotif tua yang dipajang. Lokomotif ini yang dulunya digunakan untuk membawa bahan baku pembuat gula, kini menjadi digunakan untuk membuat tampilan rest area menjadi lebih menarik.

Lokomotif tua bergaya antik ini sangat menarik untuk dijadikan latar berfoto yang Instagram-able.

(Foto: Detik)

4. Taman dan air mancur

Tak melulu berbau hal antik dan klasik. Di rest area ini juga terdapat sebuah taman yang terletak di tengah bangunan. Taman yang mrirp seperti kebun binatang mini ini diisi dengan beberapa jenis binatang, seperti burung dan juga kelinci.

Tak perlu takut binatang akan menyerang kita, karena taman tersebut dikelilingi oleh dinding kaca, yang pastinya aman bagi anak-anak ketika melihat binatang tersebut.

Selain taman, ada pula fasilitas air mancur, di bagian luar bangunan. Namun sayangnya air mancur tersebut hanya beroperas di beberapa waktu tertentu saja.

(Foto: Kompas)

5. Foodcourt

Lelah berkeliling rest area, pengunjung bisa beristirahat sambil membeli dan menikmati makanan di foodcourt yang tersedia. Di dalam bangunan rest area terdapat restoran dan warung makan yang dapat dicoba.

Selain itu, ada puluhan stan UMKM yang menjual berbagai macam makanan khas Brebes yang dapat kamu beli sebagai buah tangan.

Itu dia hal-hal menarik yang ada di rest area 260B Banjaratma Brebes. Selain digunakan sebagai tempat beristirahat, rest area ini juga dapat menjadi destinasi wisata yang dapat dikunjungi ketika lelah saat di perjalanan. Kamu tertarik mengunjunginya?

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama