Tips Aman dan Nyaman Mendaki Untuk Muslimah

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Mendaki gunung adalah salah satu hobi yang sedang digemari anak muda akhir-akhir ini. Hobi ini nyatanya tak terbatas oleh usia ataupun jenis kelamin. Bahkan saat ini mulai bermunculan komunitas-komunitas pendaki gunung dengan berbagai macam latar belakang dan keunikannya masing-masing. Tak jarang ada beberapa muslimah yang tertarik dengan dunia hiking.

Mendaki gunung memang kegiatan yang melelahkan, membutuhkan kekuatan dan ketahanan fisik. Untuk itu dibutuhkan banyak persiapan sebelum melakukan kegiatan ini, baik dari persiapan fisik dan psikis serta alat-alat yang akan menunjang perjalanan kita saat mendaki.

Berikut beberapa persiapan yang bisa dilakukan para pendaki, terkhusus muslimah:

1. Perhatikan kondisi diri seperti ketahanan fisik dan penyakit apa saja yang kamu miliki, hal tersebut sangat penting agar tidak merepotkan orang lain ketika di perjalanan nanti.

2. Mencari dan membaca informasi sebanyak-banyaknya terkait gunung yang akan menjadi lokasi mendaki. Hal ini akan membantu kita untuk lebih prepare dengan keadaan alam di gunung tersebut dan juga memudahkan kita untuk mengetahui lokasi yang tepat untuk membuka tenda, atau mencari sumber air dan lain sebagainya.

3. Persiapan uang juga menjadi salah satu hal penting, karena tak sedikit jumlah uang yang akan kalian keluarkan untuk mendaki gunung.

4. Persiapan fisik adalah yang utama, kamu bisa melakukan ini minimal H-sebelum sebelum pendakian. Olahraga ini dialakukan agar tubuh tidak terlalu kaget saat tiba waktunya mendaki. Mencegah hal-hal yang tak diinginkan terutama dalam cedera fisik.

5. Persiapkan peralatan mendaki yang lengkap, seperti carrier, cover bag, SB, matras, jaket, rain coat, senter, sepatu, tenda, nesting, kompor, gas, baju ganti, sarung tangan, kaos kaki, kamera, dan lainnya yang sekiranya dibutuhkan. Jika kamu belum sanggup untuk membelinya, mungkin kamu bisa menyewa atau meminjam, itu akan lebih hemat.

6. Persiapan logistik, makanan dan minuman, serta obat-obatan yang cukup juga penting. Barang-barang ini dibutuhkan untuk persiapan kita sepanjang perjalan dan ketika sampai di atas. Tapi jangan sampai berlebihan ya sahabat.

7. Izin orang tua merupakan hal yang sangat penting sebelum kita mendaki. Karena ridhonya adalah ridho Allah juga. Orang tua yang paling mengetahui kondisi kita, usahakan izin dari beberapa hari sebelu kita mendaki.

Barang-barang untuk pendaki muslimah

1. Tas carrier

Disarankan untuk memaki tas gunung 50L, karena bebannya yang lebih ringan. Tas carrier dipilih karena busanya yang tebal, mempunyai banyak tali pengencang yang bermanfaat untuk memposisiskan dan meratakan beban, sehingga beban tidak terfokus di lengan.

2.Tas kecil

Tas kecil diperlukan untuk menyimpan barang-barang penting, seperti handphone, powerbank, dompet dan barang berharga lainnya. Kamu juga bisa memilih tas pinggang agar lebih ringkas dan tidak membebani pundak.

3. Sepatu

Sepatu yang digunakan untuk mendaki tentunya adalah sepatu gunung, bebannya yang berat tidak seperti sepatu biasa. Tetapi sepatu gunung dapat melindungi kita dari hal-hal yang membahayakan selama tracking, busanya yang tebal dan tentunya tahan air.

4. Jilbab

Untuk mendaki, gunakalah jilbab yang langsung seperti bergo agar tidak rumit ketika perjalanan. Atau jika ingin memakai jilbab segiempat, gunakanlah bahan yang nyaman dan tentunya tidak terawang.

5. Baju

Kaos panjang, pilih kaos atau kemeja potongan panjang yang bahannya menyerap keringat, dan bagian bawahnya tidak terlalu pendek, karna tanpa kita sadari ketika duduk atau mengangkat lengan, aurat atau pakaian dalam akan terlihat.

6. Rok atau Celana

Begitu juga jika ingin mengenakan rok, gunakan rok yg lebar dan tidak menyeret di tanah.

Hindarilah pakaian yg berbahan tipis seperti jersey khawatir robek jika tersangkut, jika ingin memakai celana, carilah celana yang longgar dan tidak membuat lekukan tubuh, alternatif yang bisa digunakan seperti rok celana yaitu celana yg di desain menyerupai rok. Jangan lupa untuk selalu membawa kaus kaki cadangan, karena bagian bawah rentan sekali kotor atau basah.

7. Jam tangan

Jam tangan berguna untuk melihat waktu dan menghitung waktu perjalanan mendaki.

Berikut beberapa tips yang dapat Muslimahdaily berikan, semoga bermanfaat khusunya untuk para muslimah yang akan mendaki gunung.

Leave a Comment