Arab Saudi Ubah Tempat Pengeboran Minyak Menjadi Taman Rekreasi

Taman Rekreasai Therig Taman Rekreasai Therig ( Foto : Therig.sa )

Muslimahdaily - Arab Saudi terkenal dengan sumber daya minyak yang dimilikinya. Namun seiring dengan berkembangnya waktu, kekayaan minyak yang dimiliki sudah tak sebanyak dulu. Untuk itu, Arab Saudi berupaya untuk mengubah pendapatan terbesarnya ke industri lain.

Negara ini melihat bahwa industri pariwisata bisa menjadi pergeseran sumber keuntungannya. Sehingga kini Arab Saudi mulai fokus untuk mengembangkan sektor pariwisata, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan anjungan pengeboran minyak dengan mengubahnya menjadi taman rekreasi. Negara ini menggunakan industri minyaknya sebagai inspirasi untuk membangun objek wisata baru yang akan menarik banyak wisatawan domestik maupun internasional.

Taman ini bernama The Rig yang direncanakan akan dibuat seluas 150.000-meter persegi. Seperti komplek Disneyland, daerah tersebut selain dibangun taman rekreasi, juga akan dibangun resor yang terletak di teluk Arab. Sehingga daerah ini akan menjadi wilayah seperti Disneyland versi Arab Saudi yang terletak di pinggir laut instalasi pengeboran minyak. Pembangunan The Rig didanai oleh Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi yang akan hadir dengan tiga hotel serta sebelas restoran yang akan tersebar dan terhubung di anjungan tersebut, dilansir dari travel.detik.com.

Sedangkan untuk para penggemar wahana ekstrim, The Rig juga akan menyediakan wahana roller coaster dan wahana pacu adrenalin lainnya seperti skydiving dan bungee jumping. Proyek taman ekstrim ini belum ditentukan jadwal penyelesaiannya. Namun Negara Timur Tengah ini yakin bahwa taman wisata yang mereka bangun akan menjadi tujuan destinasi utama di dunia yang terinspirasi oleh anjungan pengeboran minyak.

Berbagai macam atraksi juga sudah dipersiapkan, guna untuk mengembangkan taman wisata ini agar dapat mencapai visi misi Saudi yaitu untuk memposisikan dirinya Kembali sebagai pusat negara tujuan wisata internasional, serta dapat bersaing dengan negara negara tetangga Timur Tengah lainnya seperti Abu Dhabi, Qatar, Dubai, Oman, dll.