Hijabographic; Komunitas Keren Tempat Berkumpulnya Muslimah Kreatif!

Komunitas Hijabographic Komunitas Hijabographic

 

Muslimahdaily - Kamu suka dengan seni visual? Suka membuat karya-karya lucu soal muslimah dan Islam? Ada nih komunitas keren yang wajib kamu ikuti; Hijabographic. Komunitas ini menjadi tempat berkumpulnya muslimah kreatif Indonesia dengan berbagai karya visual yang keren-keren.

Untuk kamu yang belum tahu Hijabographic itu apa, well seperti disebutkan diatas, Hijabographic adalah komunitas untuk pecinta seni visual. Awal terbentuknya Hijabographic adalah karena sebuah kegelisahan. Nah lo!

“Kenapa kami gelisah? Karena kami seringkali memperhatikan banyak sekali muslimah kreatif yang selama ini 'berjuang' sendiri-sendiri. Termasuk kami yang bergerak di bidang kreatif. Lalu tercetuslah untuk membentuk sebuah inisiatif membuat wadah, dimana dengan wadah tersebut berfungsi sebagai creative campaign yang menampung muslimah kreatif untuk berkumpul/sharing karya yang bermuatan Islami/motivasi. Hijabographic bagaikan laboratorium ide bagi para muslimah untuk berkarya, mencetuskan ide-ide dan berkolaborasi. Dengan begitu dapat sekaligus berdakwah bersama-sama.” jelas Hijabographic dalam sesi wawancara dengan Hijabdiary.

Komunitas yang didirikan oleh Riza Sativianti atau yang biasa dipanggil Oryza ini memilih seni visual untuk berdakwah karena memang berasal dari orang-orang yang berprofesi di dunia desain dan menganggap berdakwah lewat seni adalah hal yang menyenangkan yang tidak hanya mendapat balasan pahala dari Allah tapi juga kepuasan batin tersendiri.

Kamu yang juga menyenangi dunia seni visual, bisa loh ikutan gabung di komunitas kece ini. Dari penuturan Hijabographic, tidak ada tuh persyaratan khusus bagi kamu yang ingi bergabung. Semua karya seni visual, seperti poster, komikstrip, infografis, hingga fotografi diterima semua asal bernilai dakwah, menggunakan kata-kata yang sopan dan mendidik dan tentu saja kreatif. Dan bagi setiap muslimah yang sudah submit karyanya ke Hijabographic sudah otomatis terdaftar sebagai muslimah kreatif Indonesia. Kurang keren apa coba?

Oh ya lupa bilang, komunitas ini khusus muslimah loh ya! Saat ditanya mengapa memilih nama Hijabographic sebagai nama komunitas ini, mereka menjelaskan dengan seksama “Sebenarnya Hijabographic adalah perpaduan dari dua kata yaitu Hijab dan Graphic. Hijab merupakan unsur utama dakwah kreatif kami, yaitu kampanye menutup aurat. Sedangkan Graphic merupakan cara/media kami untuk berdakwah. Biar lebih catchy dan mudah diingat, kita sambung deh menjadi Hijabographic. Untuk followers/simpatisan biasa disebut Hijabograpers, dan untuk timnya sendiri disebut Hijabo crew.”

Bagi Hijabographic sendiri, dengan terbentuknya komintas ini diharapkan semakin banyak dan berkembangnya komunitas-komunitas kreatif untuk muslimah Indonesia maka akan semakin aktif dan kreatif pula muslimah di negeri tercinta ini. Mereka juga berharap mampu mendorong muslimah berbuat sesuatu untuk bangsanya. Apalagi dengan maraknya penggunaan media sosial, membuat kita semua semakin mudah mengakses informasi maupun menyebarkannya.

Sangat keren sekali komunitas Hijabographic ini, bukan? Jadi jika kamu punya minat atau berbakat di bidang seni visual, jangan ragu untuk bergabung di komunitas Hijabographic ini ya! Mari menjadi muslimah yang kreatif dan terus berkarya!

Leave a Comment