Komunitas Faith Muslim, Kajian Untuk Muslim Millenial

By June 13, 2019 0
Komunitas Faith Muslim Komunitas Faith Muslim ( Foto : Faith_Muslim/Instagram )

Muslimahdaily - Berdakwah dilakukan bukan hanya karena dianjurkan semata. Namun juga menjadi cara untuk mempererat silaturahmi sesama saudara muslim. Dengan melalui jalan dakwah pula, Allah menjanjikan pahala layaknya pahala pelakunya.

Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan, maka baginya seperti pahala pelakunya.”

Tak melulu dengan ceramah, berdakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Komunitas Faith Muslim. Berisikan pemuda dan pemudi yang berbasis di Jakarta Barat, komunitas ini rutin melakukan kajian setiap minggunya.

“Kita ingin memanfaatkan waktu muda di jalan Allah dengan cara berdakwah. Walaupun belum bisa berdakwah dengan cara yang luar biasa, setidaknya kita mulai dari hal-hal yang kecil yaitu mengadakan kajian rutin,” ungkap Syasqi, anggota Divisi Sosial dan Pendidikan Faith Muslim kepada Muslimahdaily beberapa waktu lalu.

“Selain itu, kita ingin Faith Muslim dapat menjadi rumah ilmu bagi teman-teman yang juga ingin mengenal Islam lebih dalam lagi,” tambahnya.

Kolaborasi Dua Komunitas

Komunitas ini baru terbentuk pada awal tahun 2019. Sebenarnya, jelas Syasqi, Faith Muslim merupakan kolaborasi dua komunitas, yaitu Hijrakuy dan Kajianfriendship.

Sering berkolaborasi pada tahun lalu, mereka akhirnya menemukan seorang pembina, yakni Ust. Ridwan. Dari situ, Ust. Ridwan meminta kedua komunitas ini bergabung menjadi satu sebagai Faith Muslim. Hal ini juga diperkuat oleh pertemanan Hijrakuy dan Kajianfriendship yang telah terjalin cukup lama.

Nama Faith sendiri dipilih karena mimiliki arti keyakinan atau kepercayaan, “Harapannya dengan adanya Faith Muslim, saudara-saudara di luar sana bisa kembali menemukan kepercayaan dan keyakinan yang benar, yaitu keyakinan dan kepercayaan kepada agama Allah,” tutur Syasqi.

Komunitas ini memiliki anggota didominasi oleh pemuda pemudi alias kaum milenial. Syasqi mengatakan bahwa Faith Muslim memang ditujukan untuk anak muda. Menurutnya, kemenangan Islam akan dimulai oleh para pemuda yang kembali ke jalan yang lurus dan benar.

Setiap minggunya, pada hari Sabtu dan atau Minggu, Faith Muslim rutin mengadakan kajian dengan tema serta pembicara yang berbeda-beda, seperti Ust. Zaidul Akbar, Ust. Ahmad Ridwan, dan Ust. Oemar Mita.

Beragam Kegiatan

Tak hanya kajian, Faith Muslim memiliki empat divisi dengan peran dan program yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Divisi Sosial yang pada Ramadhan kali ini mengadakan Pesantren Ramadhan Tepi Jalan, yaitu pesantren kilat yang ditujukan untuk anak yatim piatu serta dhuafa di pinggir jalan, tepatnya di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kebon Sirih. Hingga kini, kegiatan yang dilaksanakan setiap Sabtu ini diikuti oleh 35 anak. Setelah menjalankan pesantren kilat, kegiatan dilanjutkan dengan acara buka bersama.

Dengan adanya komunitas seperti Faith Muslim, tentu besar harapan kepada para kaum milenial untuk dapat mengembangkan Islam menuju lebih baik lagi dengan cara-cara unik yang mudah diterima masyarkat.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama