Komunitas Podcast Indonesia, Tempat Kumpulnya Podcaster Indonesia

Komunitas Podcast Indonesia Komunitas Podcast Indonesia ( Foto: Instagram/Komunitas Podcast Indonesia )

Muslimahdaily - Podcast merupakan sarana berbagi dan bercerita melalui audio yang sedang diminati oleh kaum millennial saat ini. Banyak hal-hal positif yang didapatkan dengan berbagi melalui podcast. Komunitas Podcaster Indonesia hadir sebagai wadah yang menjembatani para podcaster (orang yang membuat podcast) Indonesia, yang dibentuk pada tahun 2017 oleh Bang Rane.

“Awal dibentuknya kami hanya berupa forum sharing antar beberapa podcaster saja, akhirnya kita berinisiatif untuk ngechat temen-temen podcaster lainnya untuk ngumpul dan sharing bareng. Seperti Randy podcast Retropus, Arvi podcast Arvipra Tech Podcast, Adit podcast Buku Kutu, hingga akhirnya jadi seperti sekarang,” tutur Mas Daru sebagai juru bicara Komunitas Podcaster Indonesia pada Muslimahdaily.

Menurutnya, podcast jadi wadah yang tepat bagi mereka yang punya banyak ide, namun tak terlalu suka tampil di panggung.

“Semua orang punya ide tapi terkadang ada yang tidak punya panggung untuk berkreasi. Di lain sisi ada yang sudah punya panggung tapi tidak punya keberanian untuk tampil. Pada dasarnya semua orang bisa berbicara, tapi tidak semua orang suka untuk tampil dihadapan publik. Jadi, podcast merupakan pilihan yang cukup oke sebagai alternatif panggung untuk berkarya,” katanya.

Selain sebagai wadah sharing dan menambah ilmu para podcaster Indonesia, kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Podcast Indonesia adalah membahas segala hal tentang podcast.

“Kami juga menjembatani para temen-temen podcaster yang ingin melakukan kolaborasi, lalu kami saling diskusi untuk menentukan konten dan materi, serta saling memberi masukan dalam delivery podcast ke pendengar,” tambah Mas Daru.

Biasanya membicarakan seputar tools seperti apa yang bagus digunakan untuk membuat podcast, cara mengedit podcast agar menarik dan enak didengar, marketing podcast agar diminati dan dinanti, dan sharing seputar perkembangan sosial media yang memfasilitasi pemutaran podcast.

“Kami juga ada kumpul rutinan bareng temen-temen podcaster agar saling kenal, jadi tidak hanya kenal di dunia maya saja namun juga di dunia nyata. Biasanya kami ngadain kopi darat di sekitar Jakarta, Tangerang, Depok, Bandung, dan Jogjakarta. Kami juga pernah berkolaborasi dengan satu komunitas sebagai pembicara pada event yang membahas tentang podcast,” lanjut Mas Daru.

Terkahir, Mas Daru memberikan tips bagi sahabat Muslimahdaily yang maupun teman-teman yang baru memulai ingin membuat podcast.

“Membuat podcast mudah, tanpa perlu editing yang rumit, apalagi perangkat yang mahal. Semuanya dapat di mulai dengan alat yang hampir semua orang sekarang sudah punya, yaitu recorder pada Smartphone! Jadi mulailah menjadi podcaster dan menyebarkan hal positif dari sekarang,” tutupnya.

Saat ini anggota yang terdaftar pada Komunitas Podcaster Indonesia sebanyak 1412 orang dan terdiri dari berbagai macam usia. Bagi sahabat Muslimahdaily yang tertarik untuk bergabung dengan Komunitas Podcast Indonesia bisa cek media sosialnya di Instagram @podcastindo dan Linesquare bit.ly/podsquare.

Leave a Comment