Komunitas Tangan Di Atas Bagikan 14 Ribu APD ke Pelosok Indonesia

Komunitas TDA Komunitas TDA ( Foto: Liputan 6 )

Muslimahdaily - Kesadaran masyarakat untuk menjaga diri sendiri selama masa pandemi COVID-19 nampaknya semakin bertambah. Banyak aturan yang diberikan oleh Pemerintah dan diterapkan pula oleh masyarakatnya. Contohnya saja penggunaan masker dan handsanitizer yang kini telah menjadi rutinitas sehari-hari bagi masyarakat khususnya di Indonesia.

Namun sayangnya, masa pandemi ini sepertinya belum mau usai. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pasien yang terindikasi positif semakin bertambah dari hari ke hari. Belum lagi dampak yang ditimbulkan akibat masa pandemi corona covid 19 ini nampaknya sangat besar. Bukan hanya karena rutinitas di luar ruangan yang menjadi terhambat, krisis ekonomi juga turut mengambil andil dalam masa pandemi ini.

Akibat bertambahnya pasien yang positif corona dan tenaga medis yang semakin membutuhkan Alat Pelindung Diri (APD), Komunitas Tangan Di Atas (TDA) melalui Program TDA Peduli menyalurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 14.000 pcs Hazmat ke seluruh pelosok Indonesia.

Direktur Program Khusus TDA, melalui TDA Peduli, Wahyu Agus Ariadi mengatakan bahwa proses yang diinisiasi oleh TDA ini menjadi solusi ketika tenaga medis kesulitan mendapatkan APD. Dalam acara penyerahan donasi Hazmat di RSUD Kabupaten Kediri, ia juga memberikan tanggapan bahwa program ini sekaligus berhasil mengangkat perekonomian di masa pandemi ini.

Wahyu Agus Ariadi juga menambahkan bahwa program ini sukses mengumpulkan Rp 825.511.023 selama kurang lebih 1 bulan ini.

“Kami bergotong royong. Donasi 1 member 1 APD senilai Rp80 ribu, total donasi yang dikumpulkan selama kurang lebih 1 bulan ini sudah mencapai Rp825.511.023, pada akhir bulan lalu,” terang Wahyu Agus Ariadi melalui teleconference virtual, seperti dilansir dari Liputan 6.

Program ini bekerja sama dengan member TDA yang mempunyai usaha konveksi yang berasal dari Jabodetabek, Bandung, Solo, Jogja, Blitar hingga Surabaya. Target awal program ini adalah penyaluran 14 ribu APD dan kini lebih dari 10 ribu APD telah didistribusikan ke seluruh pelosok Indonesia, mulai dari rumah sakit rujukan, non rujukan, puskesmas dan klinik seperti RS BMC Bogor, RS Mulia Bogor, RSUD Kota Bogor, RSUD Cibinong, RSUD Kota Madiun, RSUD Ciawi, RSUD Sejiran Setason Bangka, RSUD Sekarwangi, RSUD Tanjungpinang dan banyak lainnya.

Ada dua manfaat yang Wahyu sebutkan dari berjalannya program ini. Pertama, melalui program ini UMKM Konveksi yang terkena dampak corona menjadi terbantu karena dapat meminimalisir karyawan PHK. Kedua, program ini membantu tenaga medis yang kekurangan APD terutama di bulan maret sampai pertengahan April lalu.

Selain itu, TDA Peduli juga mengadakan donasi 20.000 pcs Hand Sanitizer dan juga sembako dan masker gratis yang sudah dibagikan oleh pengurus-pengurus TDA di daerah-daerah yang tersebar di 95 kota di Indonesia.

Leave a Comment