Barisan Bangun Negeri: Merubah Narasi Menjadi Solusi

Barisan Bangun Negeri Barisan Bangun Negeri ( Foto: Instagram/bbn.indonesia )

Muslimahdaily - Sudah begitu banyak komunitas maupun gerakan yang dibentuk demi kemaslahatan umat. Salah satunya adalah Barisan Bangun Negeri atau BBN.

BNN yang diresmikan pada tanggal 24 September 2019 ini berisi kumpulan ulama-ulama yang bersatu untuk menggerakkan umat. Sesuai dengan visinya, BBN berusaha menampilkan Islam yang "rahmah bagi semesta", baik untuk indonesia maupun untuk seluruh manusia di muka bumi.

“Kita mencoba menjadikan Islam yang kita punya menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang ada di negeri kita ini. Jadi BBN tidak memandang perbedaan itu untuk diruncingkan tetapi lebih kepada persamaan yang ditonjolkan,” jelas Ustadz Weemar, salah satu pengurus BBN saat dihubungi oleh MuslimahDaily.

Pada awalnya, BBN muncul karena pemikiran sederhana yaitu merubah narasi menjadi solusi. Ustadz Weemar mengatakan, BBN mencoba untuk memberikan bukti bahwa narasi Islam bekerja untuk diterapkan, bukan hanya omongan belaka. Urgensi untuk membantu pemerintah juga menjadi salah satu alasan BBN dibentuk.

BBN memiliki empat founding fathers utama yaitu Ustadz Hanan Attaki, Ustadz Abdul Somad, Ustadz Felix Siauw dan Ustadz Oemar Mita . Tidak hanya keempat ustadz itu saja, ada juga Ustadz Salim A. Fillah, Ustadz Habib bin Anies, dan Ustadz Luqmanulhakim yang ikut membantu kelancaran program-program BBN.

Begitu banyak program yang sudah direncakan oleh BBN yang tentunya sesuai dengan landasan Al-Quran dan Hadits. Salah satu program yang menjadi pembuka adalah program Less Waste.

Ustadz Weemar kemudian menyampaikan alasan mengapa program Less Waste ini menjadi program awalan BBN.

“Ust. Hanan Attaki mengatakan kalau umat belum bisa bersatu untuk memungut sampah jangan kemudian berharap umat bisa melakukan hal yang lebih besar. Maka kita coba gerakin dari hal-hal kecil dulu. Membuang sampah dan memilahnya pada tempatnya itu adalah target yang bagus untuk membuktikkan apakah BBN ini bisa betul-betul menggerakan umat atau tidak," cerita Ustadz Weemar.

Setelah keberhasilan program Less Waster, BBN kemudian menjalankan program Health Care yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan bantuan kesehatan. BBN juga ikut andil memberikan sembako saat bencana banjir di awal tahun kemarin maupun saat pandemi COVID-19 yang terjadi sekarang.

Selain berfokus pada isu lingkungan dan kesehatan, revitalisasi dan optimasi masjid menjadi salah satu program yang juga diunggulkan. BBN berharap dengan adanya program ini masjid-masjid bisa bersatu dan tidak bergerak sendiri-sendiri.

Kedepannya, BBN sudah memiliki rencana baru untuk mengikutsertakan masyarakat yang ingin ikut andil selain donasi yaitu dengan program Level Up. Program pengajaran ini akan diadakan selama 8 pertemuan. Setelah lulus dari program Level Up, maka yang mendaftar sudah bisa menjadi santri dan ikut membantu bersama BBN.

Terakhir, Ustadz Weemar menyampaikan, “Semua dari apa yang kita lakukan itu terbungkus atas niatan Lillahi Ta’ala. Kita hanya berharap ridha Allah atas apa yang kita lakukan. Kita ingin menjadi bagian dari indahnya islam di atas muka bumi dan kita berharap itu semua Allah ganjar dengan pahala dan surga-Nya.”

Yuk sahabat muslimah yang ingin ikut andil membantu sesama umat, bisa langsung memberikan donasi atau langsung join menjadi santri komunitas Barisan Bangun Negeri. Kita doakan semoga semua program Komunitas Barisan Bangun Negeri berjalan dengan lancar dan mendapatkan balasan pahala berlimpah dari Allah Ta'ala. Aamiin.

Leave a Comment