Komunitas Man Jadda Wa Jadda “Berdakwah dengan cara yang gaul namun tetap syar’i”

Komunitas Man Jadda Wa Jadda Komunitas Man Jadda Wa Jadda (Foto:Istimewa)

Muslimahdaily - Mendengar kata Man Jadda Wa Jadda, kita terbiasa memahami salah satu mahfudzat atau penyemangat untuk menggapai impian yang berarti “Siapa yang bersungguh-sungguh ia akan berhasil” Namun, bukan sekedar kata penyemangat, ternyata ada juga loh komunitas Islam yang bernama Manjadda wa jadda. Komunitas yang membidangi pembinaan dan pengembangan potensi pemuda muslim ini bersifat independen dan terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung, atau komunitas maupun instansi lain yang ingin bersinergi.

Berdirinya komunitas ini menurut penuturan salah satu founder Man Jadda Wa Jadda yaitu Akhi Rahman mengatakan, berawal dari akun twitter yang rutin memberikan kebaikan seputar Islam seperti, memberikan hadist, ayat-ayat Al-Qur’an, kisah inspirasi dan motivasi. Akun ini dalam perkembangannya, dengan semangat untuk syiar, berlanjut pada sms dengan jumlah subscriber-nya mencapai dua ribuan kontak,. Tak hanya itu, Man Jadda Wa Jadda kemudian juga menerbitkan beberapa buku yang menjadi best seller.

Melihat semakin besarnya akun @ManJaddaWaJadaa di dunia maya, dengan tekad dan semangatnya, Akhi Rahman kemudian melebarkan sayapnya. 20 Mei 2013, Manjadda Wa Jadda resmi menjadi sebuah komunitas. Adapun kegiatan-kegiatan offline komunitas ini, mengadakan KAIDA (Kajian Islam Ala Anak Muda), Berbagi Takjil, MJWJ Goes To School and Campus dan MJWJ Care. Walaupun berbasis komunitas Islam, komunitas ini bukan berarti bersifat kaku, tapi yang membuat unik ialah komunitas Manjadda wa jadda memiliki cara syiar atau dakwahya dengan cara anak muda atau dapat dikatakan gaul tanpa menghilangkan syiar sesuai syariat. Selain itu, para penggeraknya juga merupakan anak-anak muda yang memiliki daya juang yang tinggi.

Kini, di usianya yang ke-tiga tahun, komunitas Man Jadda Wa Jadda sudah tersebar di seluruh Indonesia. Terdapat kurang lebih 500 orang di beberapa kota seperti di Makassar, Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, Denpasar, Palembang, dan Surabaya. Harapan besar kedepan komunitas ini yaitu, terwujudnya anak muda Indonesia yang lebih mencintai Islam, dan dengan membawa visi mengembangkan potensi dakwah pemuda dengan syiar dan sosial menuju generasi Rabbani. Wow Masya Allah!

Semoga Allah memudahkan dan senanatiasa memberikan semangat untuk teman-teman di Manjaddawajadda! Kamu juga bisa mengetahui lebih lengkap komunitas ManjaddaWajadda di Website www.manjaddawajadaa.com

Last modified on Kamis, 14 April 2016 05:02

Leave a Comment