Muslimah Academy “Menghidupkan Sunah Rasul dengan Berkuda dan Memanah”

Muslimahdaily - Berkuda dan memanah dilakukan oleh muslimah? Kenapa tidak? Itulah olahraga anjuran Rasullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang dihidupkan kembali oleh komunitas Muslimah Academy.

Komunitas yang dibentuk oleh Gadis cantik asli Bandung Dewi Meilani K pada tanggal 12 Desember 2015 ini berdiri dengan program pertamanya yaitu “Horse Riding & Archery”. Komunitas yang terpusat di Bandung ini dapat dikatakan unik dan berbeda karena satu-satunya komunitas di Indonesia yang memiliki kegiatan utamanya yaitu mengamalkan olahraga sunnah seperti berenang, berkuda dan memanah.

Tujuan dari membantuk acara dan komunitas ini dalam penuturan wawancara founder Muslimah Academy ialah ingin membentuk karakter muslimah yang tangguh dan bertauhiid. Tangguh karena kelak akan menjalankan perannya sebagai pusat peradaban Islam di dunia. Muslimah tangguh, akan kuat menghadapi ujian apapun dalam hidupnya dan muslimah bertauhid akan senantiasa bergantung dan menjadikan Allah sebagai satu-satunya tempat untuk meminta pertolongan.

Adapun kegiatan yang dilakukan seperti, mengadakan program-program rutin untuk pembinaan karakter muslimah yang disayang Allah dan mengadakan acara-acara sosial sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap masyarakat Indonesia. Selain itu, Muslimah Academy akan membina anggota komunitas dengan materi-materi ceramah dari ustadz-ustadzah Daarut Tauhiid melalui group WhatsApp dan social media Muslimah Academy.

Walaupun terbilang baru, tetapi jumlah alumimya sudah mencapai 240 muslimah yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena program ini akan dilaksanakan rutin minimal satu bulan sekali. Bukan hanya itu, nilai plus dari muslimah Academy ini didukung oleh Tim Daarut Tauhid Bandung, AaGym, Teh Nini beserta anak-anaknya loh. Masya Allah!

Banyak hal yang dirasakan setelah adanya komunitas ini, seperti ada pengalaman yang digigit kuda, juga ada yang terlempar dari kuda itu. Banyak juga respon positif yang didapat dari alumni melalui perantara komunitas ini yaitu menjadi salah satu jalan mereka menuju taat, karena sebelumnya ada sebagian muslimah yang memang belum seutuhnya berhijab dan meminta komunitas Muslimah Academy untuk menuntunnya menjadi lebih baik, hingga pada akhirnya mereka berhijab. Alhamdulillah!

Harapan besar begitu tertanam oleh Dewi, ia ingin komunitas yang dibentuknya menjadi wadah untuk para muslimah khususnya di Indonesia untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari nya. Aaamiin!

Mari kita doakan. Sukses selalu Muslimah Academy ya!

Jika kamu tertarik ingin ikut komunitas dan acara Muslimah Academy bisa langsung cek instagramnya di @MuslimahAcademy.


Kehidupan ini sejatinya adalah seperti bercocok tanam. Setiap perilaku baik yang kita lakukan ibarat proses menanam kebaikan. Masa muda adalah masa ketika kita membuka lahan, mengemburkan tanah, menyiapkan ruang tanam dan memilih apa yang mau kita tanam. Maka perhatikanlah apa yang sedang kita tanam pada masa muda. Lakukan dari hal yang kecil, Karena tindakan kecil akan sangat berarti untuk mengawali langkah kita dalam memulai sesuatu yang baik sekarang. Mulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, mulai saat ini.
– Muslimah Academy

Leave a Comment